Logo Lintasterkini

Kemensos : 7.000 Anak Dipenjara Pertahun

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 03 November 2012 07:07

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR – Direktur Anak Kementerian Sosial Nahar, SH, MH mengatakan, rata-rata 7.000 orang anak dipenjara tiap tahun dan kebanyakan terlibat dalam kasus pencurian.

“Kondisi itu sangat memprihatinkan, sehingga Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1997 tentang batas usia anak yang boleh dihukum yakni delapan belas tahun dipandang perlu untuk ditinjau ulang,” kata Nahar dalam pertemuan dengan wartawan di Makassar, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya UU Nomor 11 Tahun 2012 yang efektif dilaksanakan pada Juli 2012, maka batas usia anak yang boleh dihukum adalah 12 tahun.

Dia mengatakan, dengan keberadaan UU tersebut, maka menjadi “warning” bagi penegak hukum dalam menghadapi anak yang berhadapan dengan hukum.

“Karena apabila mengabaikan hal tersebut, maka pihak penyidik dan hakim dapat dikenakan sanksi pidana,” katanya.

Sebagai gambaran, pihak penyidik hanya memiliki waktu lima hari untuk menyidik kasus anak yang berhadapan hukum dan bisa ditambah lima hari lagi berikutnya, apabila belum selesai.

Dengan demikian, apabila lewati batas waktu tersebut dan anak belum dibebaskan, maka penyidik dapat dikenakan sanksi pidana.

Dia mengatakan, UU yang baru itu intinya bertujuan untuk menghindari pemenjaraan anak, karena anak yang berhadapan hukum dinilai yang terbaik adalah mengembalikan pada keluarganya.

“Sepanjang orang tuanya sanggup bertanggung jawab untuk membina anaknya menjadi lebih baik, maka tidak alasan memenjarakan anak,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 Mei 2024 18:59
Presiden Jokowi Undang Khusus Danny Pomanto Jamu Makan Malam Peserta World Water Forum 2024 di Bali
DENPASAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendapatkan kesempatan menghadiri World Water Forum (WWF) ke-10 yang diadakan di Denpasar Bali...
News19 Mei 2024 15:23
Perumda Parkir Makassar Razia Jukir Liar, Empat Orang Diamankan Polrestabes
MAKASSAR – Tim Reaksi Cepat (TRC) Perumda Parkir Makassar melakukan razia jukir liar dengan bekerjasama dengan Polrestabes Makassar di wilayah K...
Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...