Logo Lintasterkini

Dua Jenderal Berboncengan Motor Kawal Aksi Massa Islam

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 03 Desember 2016 06:01

Dua jenderal berpangkat dua bintang berboncengan motor mengawal aksi.
Dua jenderal berpangkat dua bintang berboncengan motor mengawal aksi.

MAKASSAR – Belasan ribu massa yang tergabung dalam Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulsel turun melakukan aksi Bela Islam Jilid III. Mereka memadati pelataran parkiran Masjid Almarkaz Al Islami Jalan Masjid Raya Makassar mulai pukul 10.30 Wita.

Aksi yang dipimpin langsung Kordinator Lapangan FUIB Sulsel, ‎Muhtar Dg Lau berkumpul sambil berdzikir sambil menanti sholat jumat berjamaah di salah satu masjid kebanggaan Umat Islam di Makassar ini.

Sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam FUIB ini antara lain, Hidayatullah, Wahdah Islamiyah, FPI Sulsel, Majelis Dzikir Shiratal Mustakim, FUI Sulsel, Sahabat Khalid Basalamah (SKHB), Majelis Dzikir Darud Taubah.

Ormas lainnya berasal dari Forum Komunikasi (Fokus) Islam BTP, Ikatan Mahasiswa NTB (IM-NTB), Lembaga Pengembangan Pendidikan Islam Madani (LPPIM), Ikatan Da’i Indonesia (Ikadi), Ma’had Al-Birr, BEM Unismuh dan Dekan Unismuh, Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM), KAMMI Sulsel, STIBA Manggala dan HMI Cabang Makassar.

Usai sholat Jumat, belasan ormas Islam yang tergabung dalam aksi tersebut kembali berkumpul di pelataran parkir dan halaman Masjid Al Markaz. Selanjutnya massa menggelar long march menuju Lapangan Karebosi sekira pukul 12.50 Wita.

Massa yang melakukan long march ini sekejab memutihkan ruas jalan raya yang mereka lalui untuk menuju titik kumpul di Lapangan Karebosi. Seperti Jalam Masjid Raya, Jalan Bawakaraeng, Jalan Jenderal Sudirman menuju Lapangan Karebosi.

Kumpulan massa ormas Islam ini mendapat pengawalan aparat dengan dengan bersenergi. Dua jenderal bintang dua ikut berbaur mengawal aksi ini.

Pemandangan yang menarik perhatian, kedua jenderal ini, yakni Kapolda Sulsel, Irjen Pol Anton Charliyan mengendarai sepeda motor berboncengan dengan Pangdam VII Wirabuana, Mayjen Agus Surya Bakti. Ikut juga berbaur dalam barisan massa, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol Gatot Edy Pramono.

[NEXT]

Penggalangan Dana untuk Rohingya di Myanmar

Arianto, Kordinator Penggalangan Dana Badan Bantuan Sosial dan Kemanusiaan (Babussamai) untuk Rohingya mengatakan, sebagai bentuk solidaritas sesama umat Islam, dalam aksi ini sempat dilakukan penggalangan dana untuk membantu etnis Rohingngya di Myanmar. Penggalangan dana yang ini merupakan aksi yang kedua kalinya.

“Kita lakukan pengalangan dana ini terhadap umat Islam Rohingya yang menjadi korban pembantaian di Myanmar. Aksi pengalangan dana ini sudah yang kedua kalinya. Dari hasil pengalangan dana yang pertama kali, kami mengumpulkan sebanyak Rp5 juta. Insya Allah hasil pengumpulan ini akan digabungkan bersama saudara kami dari Ormas lain, lalu kami salurkan untuk membantu saudara kita Umat Islam Rohingya di Myangmar yang dibantai disana,” ungkap Arianto. (*)

 Komentar

 Terbaru

Di Panti Asuhan Jabal Rahmah, Kompol Ade Hermanto Menebar Kasih Sayang
Ramadhan10 Mei 2021 13:09
Di Panti Asuhan Jabal Rahmah, Kompol Ade Hermanto Menebar Kasih Sayang
MAKASSAR — Citra polisi akan terus membaik di tangan polisi-polisi baik. Salah satunya, aksi sosial yang dilakukan Mantan Koorspripim Polda Sulsel, ...
Jadi Provokator Saat Razia PPKM, Lima Orang Diamankan Polisi
Peristiwa10 Mei 2021 12:55
Jadi Provokator Saat Razia PPKM, Lima Orang Diamankan Polisi
MAKASSAR — Polisi terpaksa mengamankan lima orang pengunjung sebuah rumah makan di Jalan Urip Sumoharjo, Minggu malam (9/5/2021). Berusaha melawan p...
Jelang Idulfitri, Alumni Angkatan 92 Smepeg Makassar Buka Psar Sembako Murah
Ramadhan10 Mei 2021 12:20
Jelang Idulfitri, Alumni Angkatan 92 Smepeg Makassar Buka Psar Sembako Murah
MAKASSAR — Jelang Hari Raya Idulfitri, Alumni Angkatan 92 Smepeg Makassar, menggelar Pasar Sembako Murah di pelataran Gedung Serba Guna di Jalan Fla...
Harun Al Rasyid Penyelidik yang Tak Lulus Tes ASN Pimpin OTT Bupati Nganjuk
Nasional10 Mei 2021 11:37
Harun Al Rasyid Penyelidik yang Tak Lulus Tes ASN Pimpin OTT Bupati Nganjuk
Harun merupakan pegawai yang sempat lolos seleksi awal calon pimpinan KPK 2019-2023 lalu, namun akhirnya tak lolos....