Logo Lintasterkini

Pemerintah Gelontarkan Rp9 M Lebih Ubah Wajah RPH Makassar

Budi S
Budi S

Senin, 04 Januari 2021 23:00

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin memantau kondisi RPH Antang, Senin (04/01/2021).
Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin memantau kondisi RPH Antang, Senin (04/01/2021).

MAKASSAR – Wajah Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar sudah sedikit berubah. Kini dalam tahap revitalisasi. Butuh anggaran Rp9 miliar lebih untuk menyulap kondisi Perusda Makassar itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin bilang, anggaran itu juga berasal dari bantuan pemerintah pusat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hanya melakukan pembebasan lahan. Yang luasnya kurang lebih 3,1 hektare (ha).

“Alhamdulillah ya pemerintah kota Makassar mendapat perhatian besar dari pemerintah pusat juga pemerintah provinsi Sulawesi Selatan,” sebut Rudy saat memantau kondisi terkini RPH di Kecamatan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Senin (04/01/2021).

“Dari pusat itu kita disuplai sebesar Rp1,4 miliar yang akan digunakan untuk pengadaan dan pemasangan peralatan. Dan dari Pemprov Sulsel kucuran Rp8,5 miliar untuk pembangunan fisik bangunan utama. Sementara dari Pemkot Makassar sendiri pembebasan lahan seluas 3,1 Ha sudah dianggarkan dalam APBD melalui Dinas Pertanahan,” ungkap dia dalam keterangan resminya.

Dengan anggaran yang begitu besar, Rudy berharap agar RPH itu kedepan dapat menghasilkan daging yang berkualitas. Kebersihan dan kehalalannya juga terjamin.

Dia menginginkan RPH Antang ini jadi rumah potong modern.

“Kita revitalisasi RPH ini dengan harapan agar kualitas daging bisa lebih segar. Ingat daging ingat RPH. Ini yang ingin kita tanamkan ke masyarakat agar fokus pembelian dagingnya di sini saja. Olehnya itu semua aspek harus diperhatikan. Cara penyembelihan dan pemisahan daging itu juga menjadi catatan,” imbaunya kepada pengelola RPH.

“Kita ingin hadirkan RPH modern. Olehnya itu pengerjaannya tidak boleh setengah-setengah. Siapkan konsepnya, metodenya dan yang pasti lahannya menjadi prioritas. Ini dikarenakan agar apa yang menjadi impian yakni RPH terbesar dapat kita wujudkan,” tambah Rudy.

Tidak hanya itu saja, Rudy pun kembali berharap, jika RPH nanti dapat menjadi destinasi wisata. Karena di area tersebut juga akan dibangun pasar hewan, serta rumah pengolahan kulit hewan seperti tas juga sepatu.

 Komentar

 Terbaru

Dalam 10 Hari Sudah 132 Ribu Nakes Divaksinasi Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 04:10
Dalam 10 Hari Sudah 132 Ribu Nakes Divaksinasi Covid-19
''Jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksinasi di 13.525 fasilitas layanan kesehatan yang ada di 92 kabupaten/kota di 34 provinsi sudah mencapai leb...
Sepekan Pasca Gempa Sulbar, Kondisi Pengungsi Masih Memprihatinkan ⁣
News24 Januari 2021 03:49
Sepekan Pasca Gempa Sulbar, Kondisi Pengungsi Masih Memprihatinkan ⁣
MAMUJU — Hari mulai gelap saat tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan logistik pangan untuk pengungsi yang jarang tersentuh bantuan kemanusiaa...
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 03:17
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bers...
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 02:52
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah te...