Logo Lintasterkini

Ketahui Batasan Penggunaan Gawai pada Anak

Isman
Isman

Minggu, 04 April 2021 09:36

Ilustrasi anak bermain gawai
Ilustrasi anak bermain gawai

MAKASSAR — Perkembangan zaman membuat pola hidup anak ikut berkembang. Salah satunya dalam menggunakan gawai.

Akan tetapi, orang tua tak boleh terlena dengan perkembangan ini. Terutama terhadap anak yang usianya terbilang masih kecil. Perlu dibatasi.

Psikolog Universitas Negeri Makassar (UNM), Astiti mengatakan, perlu ada pengawasan dari orang tua dalam penggunaan gawai anak. Hal ini penting agar anak tidak mengalami kecanduan.

Dia menjelaskan, penggunaan gawai memang memberi banyak manfaat bagi anak. Misalnya kemudahan mengakses sesuatu yang ia senangi. Namun di balik itu ada risiko yang harus diwaspadai.

Banyak ahli menyarankan waktu maksimal anak mengakses gawai adalah sekitar satu sampai dua jam per hari. Anak usia di bawah dua tahun disarankan tidak sama sekali diberi akses menggunakan gawai.

Sedangkan usia dua sampai lima tahun hanya disarankan mengakses gawai satu jam per hari. Kemudian anak usia enam tahun ke atas dibolehkan tetapi dengan kesepakatan bersama orang tua. Misalnya dua jam per hari.

“Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan. Yakni dengan mengamati, mendampingi, membimbing, dan mencontohkan,” terangnya.

Orang tua juga mesti memastikan konten yang diakses anak melalui gawai berkualitas dan positif. “Boleh meminta anak membesarkan volume gadgetnya agar bisa memantau apa yang diakses,” sebutnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Bersama Melawan Covid-1916 April 2021 01:10
Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Dia juga menyelipkan pesan lainnya. Agar masyarakat senantiasa mencegah dan mendeteksi masuknya paham radikalisme di lingkungan tempat tinggalnya....
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
Hukum & Kriminal16 April 2021 00:51
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
MT pernah ditahan selama tiga tahun. Terlibat kasus percobaan pembunuhan "pemboman" Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di 2013 lalu...
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
News15 April 2021 23:44
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
Para napi itu diketahui berasal dari berbagai jaringan. Ada yang berpaham Jamaah Ansharut Daulah (JAD), simpatisan ISIS dan Daulah....
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
Olahraga15 April 2021 23:41
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
SLEMAN — PSM Makassar harus puas dengan skor imbang melawan Persija Jakarta. Peluang-peluang yang tercipta di babak kedua tak berhasil membuahkan go...