Logo Lintasterkini

Banjir Rendam Puluhan Hektar Sawah di Sidrap

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 04 Mei 2017 01:07

Banjir rendam areal pertanian di Kabupaten Sidrap.
Banjir rendam areal pertanian di Kabupaten Sidrap.

SIDRAP – Intensitas hujan yang cukup tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Sidrap dalam dua hari terakhir, berdampak pada areal lahan pertanian. Puluhan hektar sawah di empat kecamatan yakni Tellu Limpoe, Watang Sidenreng, Maritengngae dan Panca Lautang terendam banjir.

Meluapnya beberapa anak sungai diduga penyebab terjadinya banjir yang merendam areal pertanian di daerah itu. Salah seorang petani di Desa Tanete, Kecamatan Maritengngae, Ambe (35) mengaku, terpaksa urung ke sawah akibat lahan pertaniannya ikut terendam banjir mulai, Selasa (2/5/2017) malam.

“Rencananya, kami akan turun menggarap sawah pagi ini. Tapi rencana itu kami batalkan karena sawah kami ternyata juga terendam banjir,” tutur Ambe kepada awak media, Rabu (3/5/2017).

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sidrap, Amiruddin Syam yang dikonfirmasi mengaku belum mendapatkan laporan terkait dampak banjir itu. Kata dia, saat ini petani padi di Sidrap baru akan mulai turun menggarap sawah. Sehingga belum ada pertanaman yang harus dikuatirkan.

“Musim tanam April-September 2017 di Sidrap baru akan dimulai. Artinya belum ada tanaman padi yang berpotensi rusak akibat dampak cuaca ini,” jelas Amiruddin.

Menyinggung ancaman cuaca ekstrim itu, Amiruddin meminta agar petani tetap tenang dan tak perlu panik menghadapinya. Alasannya, Pemerintah daerah telah menyiapkan asuransi pertanian.

“Petani yang areal pertanamannya rentan terkena banjir, sekarang juga boleh mendaftar sebagai peserta asuransi. Nanti kalau gagal panen akan diberikan ganti rugi,” pesannya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Olahraga19 Mei 2024 13:06
Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Monas Half Marathon 2024
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melepas ribuan Peserta Run The City Makassar LPS Monas Half Marathon 2024, di Tugu MNEK CPI, M...
News19 Mei 2024 11:18
Sulsel Siap Laksanakan Pilkada Serentak 27 November
MAKASSAR – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sulsel, Muhammad Rasyid, mewakil Pj Gubernur Sulsel menghadiri sosialisasi penyel...
News19 Mei 2024 09:15
Gerak Cepat, Pj Gubernur Zudan Rapat Terbatas Bersama Kepala OPD
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh usai dilantik menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) langsung menggelar rapat terbatas be...
News19 Mei 2024 08:10
Profil Prof Zudan Arif Fakrulloh yang Jabat Pj Gubernur Sulsel
MAKASSAR – Prof Zudan Arif Fakrulloh adalah seorang birokrat Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (S...