Logo Lintasterkini

Klarifikasi Kedutaan Arab Saudi Terkait Pelaksanaan Haji 2021

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 04 Juni 2021 12:12

Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Ka'bah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.(AP/STR)
Ratusan jemaah Muslim mengelilingi Ka'bah, bangunan berbentuk kubus di Masjid Al Haram, sembari menerapkan jaga jarak sosial untuk melindungi diri dari virus corona, di kota suci Muslim di Mekkah, Arab Saudi, Rabu, 29 Juli, 2020.(AP/STR)

JAKARTA — Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia memberi klarifikai terkait pelaksanaan Haji 2021. Surat edaran telah dikirim untuk Ketua DPR RI.

Dalam surat edaran tersebut menyatakan akan menjelaskan fakta-fakta terkait pelaksanaan haji tahun ini. Essam Bin Ahmed, Duta Besar Pelayan Dua Kota Suci Untuk Republik Indonesia, meminta kesempatan untuk menjelaskan ke Ketua DPR RI dan anggota DPR lainya.

“Bersama ini saya ingin memberitahukan kepada yang mulia bahwa merujuk pada pemberitaan yang beredar yang telah disampaikan oleh sejumlah media massa serta media sosial di Republik Indonesia yang menukil pernyataan, Sufimi Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI, telah memperoleh informasi bahwa Indonesia tidak memperoleh kuota haji pada tahun ini,” tulis dalam surat tersebut, Jumat (4/6/2021).

“Juga Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi VIII, yang menyebutkan adanya 11 negara yang telah memperoleh kuota haji dari Kerajaan Arab Saudi pada tahun ini dan Indonesia tidak termasuk dari negara-negara,” lanjut surat tersebut.

Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia juga mengklarifikasi pemberitaan yang beredar mengenai pelaksanaan haji. Menurutnya, hingga kini pemerintahan Arab Saudi belum mengeluarkan instruksi apapun berkaitan dengan pelaksanaan haji tahun ini.

“Sehubungan dengan hal ini merupakan sebuah kesempatan bagi saya untuk menjelaskan kepada yang mulia dan anggota-anggota Dewan yang terhormat tentang fakta-fakta yang sebenarnya, seraya saya berharap agar kiranya dapat melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kedutaan atau otoritas resmi lainnya baik Kerajaan Arab Saudi atau di Indonesia guna memperoleh informasi dari sumber-sumber yang benar yang dapat dipercaya, saya berharap semoga Yang Mulia senantiasa mendapat limpahan taufik dan kesuksesan,” isi dari paragraf terkahir yang ditujukan langsung oleh Ketua DPR RI.

Sebelumnya, Indonesia telah mengumumkan pembatalan pemberangkatan Haji tahun ini secara resmi oleh Kementerian Agama dan Komisi VIII RI.

“Kami pemerintah melalui Kemenag RI, menerbitkan keputusan Agama RI No. 660 tahun 2021, tentang pembatalan pemberangkatan haji tahun 1442 H/2021 masehi,” Kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas, pada konferensi pers di Gedung Kemenag, Jakarta, (3/6/2021).

 Komentar

 Terbaru

News15 Juni 2021 17:39
Sahruddin Said: 2020 Lalu Ada Operator PPDB Masukkan Data Fiktif
MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Makassar tahun ini mendapat perhatian khusus dari legislator. Termasuk potensi permaian yang terjadi...
Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...