Logo Lintasterkini

Nunung Dasniar Meminta Pemkot Makassar Tingkatkan Pelayanan Persampahan

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 04 Juni 2022 19:53

Nunung Dasniar.
Nunung Dasniar.

MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Nunung Dasniar, meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar meningkatkan pelayanan persampahan. Apalagi, ada retribusi yang ditarik dari masyarakat mengenai layanan ini.

Hal itu dia sampaikan saat bertemu konstituen dari Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanaya di Hotel Grand Maleo Makassar, Jumat (3/6/2022).

“Masyarakat membayar retribusi, sehingga kita minta pelayanan juga harus maksimal. Jangan sampai pelayanan tersendat,” ujar Nunung Dasniar.

Anggota Komisi C DPRD Kota Makassar ini, mengatakan, objek retribusi ini meliputi pengambilan atau pengumpulan sampah dari sumbernya ke lokasi pembuangan sementara.

Kemudian, dari pembuangan sementara ke lokasi tempat pembuangan akhir dan terakhir penyediaan pembuangan atau pemusnahan akhir sampah.

“Sementara, subjeknya orang atau badan yang memperoleh atau menikmati pelayanan persampahan,” paparnya.

Sementara, Narasumber Kegiatan, Muh Reza, mengatakan, retribusi adalah bayaran atas jasa yang diberikan masyarakat. Seluruh biaya yang disetor ke pemerintah kota masuk dalam kas negara. Itu, bagian dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jadi retribusi ini, karena ada layanan. Salah satunya, pelayanan persampahan atau kebersihan. Ini diatur dalam Perda nomor 11 tahun 2011 tentang Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan,” papar Muh Reza.

Saat ini, kata Reza, layanan persampahan menggunakan roda tiga dan roda empat. Khusus angkutan sampah roda dua melayani masyarakat yang berada di lorong. Sementara, mobil mengangkut sampah di jalan raya.

“Pelayanan sampah di Pemkot Makassar ada Mobil Tangkasaki. Ada tarif ditarik melalui retribusi ini,” jelasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 Januari 2023 17:08
Kendalikan Inflasi, Pemkot Makassar Siapkan 1 Juta Polibag untuk Tanam Cabai dan Bawang
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menyiapkan 1 juta polibag untuk ditanami cabai dan bawang. Langkah ini dalam upaya menekan dan...
News30 Januari 2023 15:58
Kursus Barista Makassar Batch 11 Sukses disenggarakan oleh Verso Barista Academy
MAKASSAR – Kursus Barista Makassar Batch 11 yang dilaksanakan oleh Verso Barista Academy (VBA) telah sukses diselenggarakan di Whizz Prime Hotel...
Ekonomi & Bisnis30 Januari 2023 15:55
Kalla Kars Sukses Gelar Annual Meeting dan Siap Ekspansi Area Baru di 2023
MAKASSAR – Sepanjang 2022, Kalla Kars sebagai dealer resmi Jeep di wilayah Indonesia Timurberhasil mencatatkan peningkatan penjualan hingga 92%....
News30 Januari 2023 11:55
Pimpin Sertijab Empat Kapolsek, Kapolres Pinrang : Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat
PINRANG — Kapolres Pinrang AKBP Santiaji Kartasasmita memimpin langsung jalannya Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) empat Kapolsek jajarann...