Logo Lintasterkini

Perum Damri Siap Sediakan 150 Unit Armada

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 04 Oktober 2012 09:21

Bus Damri
Bus Damri

Bus Damri

MAKASSAR - Perum Damri siap menyediakan 150 unit armada untuk melayani penumpang di kawasan Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar atau Mamminasata.

“Pihak Perum Damri sudah menyatakan kesiapannya untuk menopang pengadaan transportasi massal di kawasan terpadu Mamminasata,” kata Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Sulawesi Selatan Masykur A Sulthan di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, dengan pengadaan transportasi publik itu diharapakan akses transportasi masyarakat di empat kabupaten/kota itu seperti layaknya Jabotabek, dapat terlaksana dan berjalan lancar.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, pihak Perum Damri kini melakukan studi kelayakan, khususnya tentang jalur dan biaya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan transportasi massal itu.

“Jadi selain mengadaan sarana transportasi massal monorel, juga akan didukung dengan armada angkutan Damri untuk menopang pengguna jasa trasportasi di sejumlah halte yang disiapkan,” katanya.

Sementara itu, pemerhati masalah transportasi dari Lembaga FIK Ornop Asran Djaya mengatakan, hendaknya pengadaan dan pengoperasian armada Perum Damri itu, maupun transportasi lainnya harus mengindahkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

“Jalur transportasi atau angkutan publik itu harus sesuai dengan RTRW provinsi maupun keempat kabupaten/kota (Mamminasata),” katanya.

Hal itu dinilai penting agar tidak menimbulkan masalah ke depan, termasuk menimbulkan konflik dengan masyarakat yang terpaksa harus merelakan lahannya untuk kepentingan umum. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...