Logo Lintasterkini

Kemenristekdikti Janjikan Beasiswa Bagi Mahasiswa Korban Gempa Palu-Donggala

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Kamis, 04 Oktober 2018 08:42

Menristek Dikti, Muh Natsir meninjau lokasi gempa Palu dan Donggala.
Menristek Dikti, Muh Natsir meninjau lokasi gempa Palu dan Donggala.

PALU – Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan memberikan bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang tengah kuliah di Palu dan Donggala. Beasiswa juga diberikan kepada mahasiswa asal Palu dan Donggala yang tengah menempuh studi di Perguruan Tinggi di luar Sulawesi Tengah.

Hal itu dikemukakan Menristekdikti RI, Muhammad Natsir saat melakukan kunjungan kerja ke lokasi gempa di Palu, Rabu (3/10/2018). Selama berada di pusat bencana itu, Menristekdikti didampingi Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr. Jasruddin, M.Si serta Rektor Universtas Taddulako dan Universitas Gorontalo.

Dijelaskan, berdasarkan data Kemenristekdikti saat ini terdapat 3.530 mahasiswa asal Sulawesi Tengah yang tengah menempuh studi di 35 Perguruan Tinggi di Indonesia. Ia berharap, jangan sampai mahasiswa terkatung-katung akibat bencana sehingga kuliah berhenti di tengah jalan.

“Jangan sampai terjadi. Nanti ada pembebasan biaya di kampus ataupun beasiswa, akan kita lakukan pembahasan bersama rektor,” ujar Muhammad Natsir.

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari tim penanganan bencana di Universitas Tadulako, sejauh ini tidak ada korban jiwa dari mahasiswa asing yang tengah menempuh studi di Perguruan Tinggi di Palu dan Donggala. Mahasiswa asing yang tengah kuliah di Palu dan Donggala antara lain berasal dari Vietnam, Timor Leste, dan Thailand.

Selama berada di Kota Palu, Menristekdikti mengunjungi Universita Tadulako, Universitas Terbuka serta Universitas Muhammadiyah Palu dan Posko Unisan Gorontalo. Sesuai data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 2 Oktober 2018 menyebutkan bahwa bencana ini menyebabkan 1.234 orang meninggal dunia, 799 orang luka berat dan 99 orang hilang. (*)

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2022 15:09
Serangan Hoaks Makin Masif, AMSI Gelar Training Prebunking di Manado
MANADO – Serangan hoaks selalu masih setiap menjelang Pemilihan Umum, khusus Pemilihan Presiden atau Pilpres. Mengantisipasi serangan Hoaks yan...
Kuliner30 September 2022 13:22
Kuliner Baru di Makassar, Warung Ayam Krispy Lemmak
MAKASSAR – Banyak cara untuk menikmati suasana hati dengan senang, salah satunya, bisa mencoba kuliner baru. Kuliner ini biasa di temui, namun m...
News30 September 2022 09:36
Inovasi Terbaru, Program Menu Hemat On The Go Meals GoFood
MAKASSAR – Layanan pesan-antar makanan online terkemuka di Asia Tenggara GoFood kembali menghadirkan inovasi terbaru bagi pelanggan melalui prog...
News30 September 2022 08:58
Pemilik Travel yang Fotonya Dipasang di Billboard Lapor Polisi
MAKASSAR – Pemasangan baliho dengan foto pemilik travel atau perusahaan penyelenggara perjalanan tur yang dicari konsumen di Makassar berbuntut ...