Logo Lintasterkini

6 Negara, 16 Tim Ikuti Lomba Perahu Naga di Losari

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 04 November 2016 15:49

6 Negara, 16 Tim Ikuti Lomba Perahu Naga di Losari

MAKASSAR – Terdapat 6 negara dengan jumlah sebanyak 16 tim yang mengikuti Losari International Festival Dragon Boat. Jumat (4/11/2016) di anjungan Pantai Losari. Festival dragon boat ini merupakanperlombaan internasional yang sudah memasuki tahun kelima penyelenggaraannya.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto membuka Losari Internasional Festival Dragon Boat yang diikuti enam negara dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunai Darussalam, dan Jerman. Festival ini diselenggarakan selama 3 hari terhitung sejak tanggal 4 sampai 6 November 2016.

Menurut Danny, festival yang digelar setiap tahunnya sejak 2012 lalu dan tahun ini telah memasuki tahun kelima mengalami peningkatan kualitas di setiap penyelenggaraannya. Ia mengungkapkan, Kota Makassar sangat potensial untuk mengembangkan olah raga air dragon boat (perahu naga).

“Adanya festival ini dapat mengisi ruang laut Kota Makassar dengan kegiatan yang sekaligus mampu mempromosikan kekayaan laut Makassar,” kata Danny.

Antusiasme peserta yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, lanjut Danny menunjukkan apresiasi yang sangat baik dari negara peserta. Menandakan juga Makassar telah dikenal sebagai water front city serta salah satu kota penyelenggara event olah raga air berskala internasional.

Pembukaan Losari Internasional Festival Dragon Boat ditandai dengan penabuhan gendang oleh Danny Pomanto bersama Wakil Wali Kota Dr Syamsu Rizal, Sekda Kota Makassar Ibrahim Saleh, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Makassar Hendra Hakamuddin dan Ketua Panitia Arwan Tjahjadi. Selain dari luar negeri, peserta festival juga berasal dari Tana Bumbu Kalimantan Selatan, Yogyakarta, Sulawesi Tenggara, dan beberapa peserta dari Makassar seperti Bosowa International School, Hasamitra, dan Hotel Losari.

Devile negara dan kota peserta menjadi salah satu pemandangan unik dalam pembukaan Losari Internasional Festival Dragon Boat. Penampilan Yulinar Arif, Puteri Indonesia Sulsel 2016 yang membuka devile dengan kostum sutera Sengkang dan Pinisi di punggung memberikan kesan meriah pada pembukaan festival.

Pembukaan festival juga diwarnai dengan laga pembuka dari dua dragon boat. Laga pembuka diikuti dua tim yakni Sombere dan Smart City yang dilepas langsung oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...
News25 Mei 2024 08:10
Pj Gubernur Zudan-Duta Besar RI untuk Portugal Bahas Peluang Kerja Sama Produk Sulsel Masuk Eropa
MAKASSAR – Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, menyatakan dukungannya kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Su...
Politik24 Mei 2024 22:09
Andi Seto Asapa Mantap Bertarung di Pilwalkot Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mantap untuk ikut bertarung di kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024-2029 mendatang. Keseriusan it...