Logo Lintasterkini

Jokowi Bercita-cita Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 05 Januari 2017 16:45

Presiden RI, Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045. Untuk mewujdukan itu, swasembada pangan harus dicapai secepat mungkin.

Jokowi menambahkan, demi mendukung percepatan swasembada pangan itu, petani harus ditingkatkan kesejahteraan dan produksinya.

‎”Sehingga ke depan kita harus bisa mengorporasikan petani. Petani kalau sudah clustering, tahapan berikutnya dikorporasikan,” kata Jokowi di Menara Bidakara, dilansir liputan6.com, Kamis (5/1/2017).

Saat ini, petani di Indonesia masih bersifat individu. Dalam hal ini menanam sendiri dan menjual hasil panennya sendiri, tanpa ada yang mengoordinasi dan memfasilitasi.

Thailand dan Filipina, kata Jokowi, sudah mulai mengorporasikan para petaninya. Untuk itu, demi bersaing dengan negara lain dan mewujudkan swasembada pangan, Indonesia harus segera meningkatkan kesejahteraan petani.

Mengorporasikan petani ini, dipaparkan Jokowi, bisa dilakukan dengan cara pendampingan, mulai dari pemerintah, BUMN atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Petani kita kita tidak bisa seperti ini terus. Tidak bisa mereka berjalan sendiri, harus ada yang mendampingi, harus ada manajemen modern yang mendampingi mereka, siapa itu, ya tadi saya sampaikan, entah korporasi BUMN, kumpulan BUMDes-BUMDes, ini akan menggarap produksinya dan pemasarannya dengan cara modern,” papar Jokowi.

Jokowi menambahkan, untuk saat ini yang paling memungkinkan untuk dikorporasikan adalah para petani padi. Ini karena Indonesia sudah swasembada padi yang ditandai tidak adanya impor beras. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...