Logo Lintasterkini

Jokowi Bercita-cita Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 05 Januari 2017 16:45

Presiden RI, Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada 2045. Untuk mewujdukan itu, swasembada pangan harus dicapai secepat mungkin.

Jokowi menambahkan, demi mendukung percepatan swasembada pangan itu, petani harus ditingkatkan kesejahteraan dan produksinya.

‎”Sehingga ke depan kita harus bisa mengorporasikan petani. Petani kalau sudah clustering, tahapan berikutnya dikorporasikan,” kata Jokowi di Menara Bidakara, dilansir liputan6.com, Kamis (5/1/2017).

Saat ini, petani di Indonesia masih bersifat individu. Dalam hal ini menanam sendiri dan menjual hasil panennya sendiri, tanpa ada yang mengoordinasi dan memfasilitasi.

Thailand dan Filipina, kata Jokowi, sudah mulai mengorporasikan para petaninya. Untuk itu, demi bersaing dengan negara lain dan mewujudkan swasembada pangan, Indonesia harus segera meningkatkan kesejahteraan petani.

Mengorporasikan petani ini, dipaparkan Jokowi, bisa dilakukan dengan cara pendampingan, mulai dari pemerintah, BUMN atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Petani kita kita tidak bisa seperti ini terus. Tidak bisa mereka berjalan sendiri, harus ada yang mendampingi, harus ada manajemen modern yang mendampingi mereka, siapa itu, ya tadi saya sampaikan, entah korporasi BUMN, kumpulan BUMDes-BUMDes, ini akan menggarap produksinya dan pemasarannya dengan cara modern,” papar Jokowi.

Jokowi menambahkan, untuk saat ini yang paling memungkinkan untuk dikorporasikan adalah para petani padi. Ini karena Indonesia sudah swasembada padi yang ditandai tidak adanya impor beras. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sanksi Menanti ASN di Makassar Jika Berani Mudik Lebaran
News23 April 2021 18:54
Sanksi Menanti ASN di Makassar Jika Berani Mudik Lebaran
Danny Pomanto menegaskan larangan mudik lebaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)....
Tender Pembangunan Kantor Lurah Pandang Dibatalkan
News23 April 2021 18:32
Tender Pembangunan Kantor Lurah Pandang Dibatalkan
Pada perencanaannya, kantor Lurah Pandang akan dibangun dua lantai. Dengan anggaran kurang lebih Rp1,8 miliar....
SK Tak Diteken Rudy, 2.000 Guru Kontrak di Makassar Terancam Tak Gajian
News23 April 2021 17:58
SK Tak Diteken Rudy, 2.000 Guru Kontrak di Makassar Terancam Tak Gajian
SK itu lanjutnya, bisa saja ditandatangani Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto. Akan tetapi punya konsekuensi....
Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Unhas Bahas Kartini Lewat Webinar
Dunia Kampus23 April 2021 17:16
Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Unhas Bahas Kartini Lewat Webinar
MAKASSAR — Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Webinar Doctoral Economic Student ...