Logo Lintasterkini

Kurangi Sedentary Lifestyle Meski di Rumah Selama Pandemi

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 05 Januari 2021 01:34

Gaya hidup kurang gerak ( sedentary lifestyle) akan buruk bagi kesehatan.
Gaya hidup kurang gerak ( sedentary lifestyle) akan buruk bagi kesehatan.

LINTASTERKINI.COM — Gaya hidup kurang gerak (Sedentary lifestyle) adalah salah satu gaya hidup yang semakin berkembang sejak pandemi Covid-19. Gaya hidup ini ditandai dengan berkurangnya aktivitas fisik seseorang akibat bekerja dari rumah (Work For Home) atau belajar dari rumah (Studi For Home).

Masyarakat saat ini biasa menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiam menghadap layar, duduk, dan berbaring. Sebuah penelitian dari The Chinese University of Hongkong yang dipublikasikan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health pada Agustus 2020 mengamati perilaku sedentary selama pandemi.

Gaya hidup sedentary lifestyle ini dinilai rentan dengan sejumlah masalah kesehatan. Untuk itu, kita diharapkan tidak membiasakan diri dengan gaya hidup sedentary lifestyle ini, meskipun seharian di rumah selama masa pandemi.

Sedentary lifestyle memiliki dampak kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh mulai dari obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis hingga berpengaruh pada kesehatan mental. Siapapun memiliki risiko terjebak ke dalam sedentary lifestyle, bahkan yang muda sekalipun.

Kita dapat mengurangi terjadinya dampak buruk pada kesehatan dengan kebiasaan Sedentary lifestyle tersebut. Hal ini dapat diatasi dengan aktif bergerak serta berolahraga meskipun seharian berada di dalam rumah. Beberapa aktivitas seperti peregangan bisa dilakukan secara berkala setiap 2 atau 3 jam.

Selain itu, dapat pula dilakukan dengan cara membereskan rumah, memperbanyak berjalan kaki. Selain itu, dengan mengurangi waktu duduk atau rebahan akan menjadi pelengkap dari olahraga teratur yang dilakukan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis13 Juli 2024 23:00
Bukit Baruga Serah Terima Kunci Rumah Jasmine Residence Sebanyak 31 Unit
MAKASSAR – Bukit Baruga sukses menggelar seremonial serah terima kunci kepada sejumlah user untuk pembelian unit hunian terbaru, yaitu Tipe Prim...
Pemerintahan13 Juli 2024 11:02
Gowa Semakin Dilirik, Investasi Capai Rp400 Miliar di Bidang Pariwisata 
GOWA – Beautiful Malino 2024 kembali digelar dengan mengangkat tema “Harmony of Malino” yang memiliki makna keseimbangan dan dibuka ...
News13 Juli 2024 10:52
PT GMTD Bagikan 100 Paket Nasi Box di Sekitaran Kawasan Tanjung Bunga
MAKASSAR – PT GMTD Tbk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan membagikan 100 paket nasi kotak di sekitaran kawasan T...
Peristiwa13 Juli 2024 10:38
Dua Remaja Maros yang Tenggelam di Air Terjun Jami Ditemukan Meninggal
MAKASSAR – Kurang dari 24 jam setelah melaksanakan upaya pencarian terhadap dua warga Maros. Tim Sar gabungan menemukan kedua korban setelah mel...