Logo Lintasterkini

Letaknya di Kota Makassar, Jam Operasional Pasar Mandai Seperti di Pedesaan

Budi S
Budi S

Jumat, 05 Maret 2021 20:40

Pedagang Pasar Mandai
Pedagang Pasar Mandai

MAKASSAR – Pasar Mandai adalah salah satu pasar terluar di Kota Makassar. Letaknya tepat berada di Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya. Berbatasan dengan Kabupaten Maros.

Dulunya, pasar tradisional ini dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros. Hanya, ada peristiwa yang membuat pemerintah Maros melepasnya.

Hal itu dikatakan Kepala Pasar Mandai, H Abdul Hamid, Jumat (05/03/2021), mengenang peralihan kewenangan pengelolaan pasar.

“Pasar ini dulu sebenarnya di bawah pemerintahan Kabupaten Maros. Tapi pas perluasan wilayah, akhirnya diserahkan ke Pemkot Makassar,” terangnya.

Pusat perbelanjaan kebutuhan pangan ini, ternyata memiliki keunikan. Bukan karena letaknya yang jauh dari pusat Kota Makassar (19 kilo meter). Akan tetapi jam operasionalnya seperti di pedesaan. Beroperasi di hari-hari tertentu saja dalam sepekan.

“Cuma tiga hari buka dalam seminggu. Yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu,” aku Hamid.

Menurut Hamid, jam operasional itu sudah berlangsung sejak lama ketika pasar itu mulai beroperasi. Itu disebabkan karena kondisi para pedagang.

“Pedagang di sini itu 60 persen penduduk yang berasal dari Kota Maros. Jadi tidak heran kalau mereka itu yang atur waktu menjualnya. Kalau hari Selasa, Kamis dan Sabtu di Pasar Mandai. Kalau hari lain, mereka tersebar di beberapa pasar di Maros. Yakni ada yang berjualan di Pasar Bulu-Bulu, pasar Batangase dan pasar Carangki Maros,” terang Hamid.

Maka tak heran jika di hari lain kondisi pasar itu jadi sepi. Hanya tampak beberapa pedagang kecil yang ada.

Sebagaimana diketahui, jumlah pedagang di pasar ini jumlahnya 347 orang. Namun, setelah dilakukan pelebaran jalan, jumlah pedagang mulai berkurang.

“Tapi karena tergusur dengan adanya pelebaran jalan, sekarang tersisa 162 pedagang,” tutup Hamid menjelaskan. (*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....