Logo Lintasterkini

Bongkar Sindikat Narkoba, 5 Prajurit Kodam XII/Tanjungpura Diberi Penghargaan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Sabtu, 05 Agustus 2017 21:46

Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos.
Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos.

TANJUNGPURA – Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Tri Rana Subekti, S.Sos memberikan keterangan kepada awak media di Media Center Kodam XII/Tpr Jalan Teuku Umar nomor 47 Pontianak, Jumat (4/8/2017). Kolonel Inf Tri Rana Subekti mengungkapkan bahwa 5 (lima) prajurit akan diberikan penghargaan pada tanggal 9 Agustus 2017.

Kapendam Kolonel Inf Tri Rana Subekti menjelaskan bahwa Pangdam XII/Tpr akan memberikan penghargaan kepada lima prajurit dari Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif Para Raider 502/Ujwala Yudha. Kelimanya dianggap berjasa pada negara karena berhasil mengungkap dan menangkap jaringan peredaran narkoba jenis shabu-shabu sebanyak 31,62 kg dan 1988 butir seberat 568,4 gram ekstasi jenis Methapetamin.

“Narkoba harus diperangi secara serius. Karena pengguna narkoba tidak pandang status sosial, ekonomi dan agama. Bahkan negara kita sudah nyatakan perang terhadap narkoba yang akan merusak generasi muda,” ujar Kapendam.

Lebih lanjut untuk penghargaan diberikan di Pos Perbatasan Nanga Badau berupa kenaikan pangkat luar biasa dan rekomendasi sekolah untuk dua orang. Ketiga yang diberi kenaikan pangkat luar biasa yakni Sertu Rosadi, Sertu Leander Wiran dan Kopda Yuda Eka. Sedangkan dua orang yakni Lettu Inf Tendry Aryo dan Serka Sandi Triyudha diberikan penghargaan berupa rekomendasi sekolah.

“Pengungkapan dan penangkapan jaringan peredaran narkoba oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif PR 502/UY tersebut terjadi pada 30 November 2016 di Desa Badau Kecamatan Nanga Badau Kabupaten Kapuas Hulu, karena proses pengajuan secara prosedural mulai dari Kodam XII/Tpr ke Mabes Angkatan Darat, dari Mabesad ke Mabes TNI dan diputuskan melalui sidang, maka baru diberikan saat ini,” papar Kolonel Inf Tri Rana Subekti.

Kapendam menyatakan bahwa penganugerahan penghargaan dan KPLB tersebut diatur dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI, pasal 44 ayat 1 yang berbunyi Prajurit yang mendapat tugas dengan pertaruhan jiwa raga secara langsung dan berjasa melampaui panggilan tugas, dapat dianugerahi kenaikan pangkat luar biasa.

“Hal itu dimaksudkan agar prajurit tersebut dapat menjadi teladan bagi prajurit lainnya untuk berbuat yang terbaik dalam tugas pengabdian kepada rakyat, bangsa dan negara,” jelasnya.

Lebih jauh, Kapendam mengungkap bahwa pemberian penghargaan tersebut merupakan langkah nyata dan komitmen yang konsisten dari Pimpinan TNI AD dalam memberikan Reward and Punishment kepada prajurit TNI AD. (*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 September 2021 14:21
Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Tertangkap, Ini Penampakannya
Pelaku pembakaran mimbar khutbah di Masjid Raya Makassar tertangkap, Sabtu (25/9/2021) siang. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana me...
Hukum & Kriminal25 September 2021 12:42
Kapolrestabes Makassar : Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Dalam Pengejaran
"Doakan dalam waktu dekat kita bisa mengungkap pelaku dan menangkapnya. Saat ini, anggota sudah mengejar pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar,"...
News25 September 2021 10:25
Soal Pembakaran Mimbar Masjid, Das’ad Latif : Ummat Jangan Terprovokasi
Sebelumnya diberitakan mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelak...
Peristiwa25 September 2021 10:11
Mimbar Khutbah Masjid Raya Makassar Dibakar Seseorang
Mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelaku naik ke atas dan seng...