Logo Lintasterkini

Dinas Damkar Makassar dan Kemendagri Gelar Pendidikan Pemadam Kebakaran 70 Jam Pelajaran

Redaksi
Redaksi

Selasa, 05 Desember 2023 11:07

(Foto: Pemkot Makassar)
(Foto: Pemkot Makassar)

MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Program 70 Jam Pelajaran (JP) yang berlangsung di Mako Damkar Makassar, 4 – 10 Desember 2023.

Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan keterampilan para pemadam kebakaran dalam menghadapi berbagai situasi darurat.

“Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. Untuk itulah pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan,” katanya.

Ia mengungkapkan sebanyak 84 peserta dilibatkan dalam program ini, yang mencakup materi-materi esensial seputar pengenalan peralatan kebakaran, penanggulangan kebakaran, evakuasi, formasi regu, taktik penyelamatan, dan materi lainnya.

“Dengan durasi program sepanjang 70 jam pelajaran atau satu minggu diharapkan para peserta dapat memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab sebagai pemadam kebakaran,” ucapnya.

Pelatihan ini tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga praktis dengan simulasi kebakaran di berbagai skenario. Hal ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta sehingga mereka dapat lebih siap dan percaya diri ketika di lapangan.

Diharapkan keberhasilan program ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapabilitas Dinas Damkar Makassar dalam menanggulangi dan mencegah kebakaran.

 Komentar

 Terbaru

News23 Oktober 2024 22:03
Pelayanan SIM di Makassar Semakin Baik, Kapolrestabes: Cepat dan Tidak Ribet
Pelayanan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Makassar semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Hal ini tak lepas dari...
Peristiwa23 Oktober 2024 20:42
Lansia Meregang Nyawa Usai Kecelakaan di Jalan Talasalapang
Sebuah kecelakaan tragis menimpa seorang lansia terjadi di wilayah Polrestabes Makassar pada Rabu (23/10/2024). Kecelakaan yang melibatkan sepeda moto...
Hukum & Kriminal23 Oktober 2024 20:26
Pelaku Penganiayaan Tukang Parkir di Makassar Ditangkap di Enrekang
Seorang pelaku penganiayaan terhadap tukang parkir di Jalan Pendidikan, Makassar, berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian di Kabupaten Enrekang pada ...
Nasional23 Oktober 2024 20:04
Peringatan Pertama Sekkab Mayor Teddy kepada Para Menteri Melalui Grup WhatsApp
Belum cukup seminggu menjabat sebagai Sekretaris Kabinet (Sekkab), Mayor Teddy Indra Wijaya telah mengambil langkah berani dengan memberikan peringata...