Logo Lintasterkini

Dinas Damkar Makassar dan Kemendagri Gelar Pendidikan Pemadam Kebakaran 70 Jam Pelajaran

Redaksi
Redaksi

Selasa, 05 Desember 2023 11:07

(Foto: Pemkot Makassar)
(Foto: Pemkot Makassar)

MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Program 70 Jam Pelajaran (JP) yang berlangsung di Mako Damkar Makassar, 4 – 10 Desember 2023.

Kepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin, mengatakan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan keterampilan para pemadam kebakaran dalam menghadapi berbagai situasi darurat.

“Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. Untuk itulah pelatihan ini sangat penting untuk dilaksanakan,” katanya.

Ia mengungkapkan sebanyak 84 peserta dilibatkan dalam program ini, yang mencakup materi-materi esensial seputar pengenalan peralatan kebakaran, penanggulangan kebakaran, evakuasi, formasi regu, taktik penyelamatan, dan materi lainnya.

“Dengan durasi program sepanjang 70 jam pelajaran atau satu minggu diharapkan para peserta dapat memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab sebagai pemadam kebakaran,” ucapnya.

Pelatihan ini tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga praktis dengan simulasi kebakaran di berbagai skenario. Hal ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta sehingga mereka dapat lebih siap dan percaya diri ketika di lapangan.

Diharapkan keberhasilan program ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapabilitas Dinas Damkar Makassar dalam menanggulangi dan mencegah kebakaran.

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...