Logo Lintasterkini

Jokowi Perintahkan Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Waspada dan Siaga Hadapi Hujan Ekstrem

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Senin, 06 Januari 2020 19:48

Presiden Joko Widodo. (Ist).
Presiden Joko Widodo. (Ist).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk mengingatkan seluruh kepala daerah agar waspada dan siaga menghadapi bencana di musim hujan. Jokowi juga menekankan kepada seluruh Kepala Daerah harus memiliki persiapan, perencanaan, hingga persiapan untuk melakukan evakuasi korban.

“Kementerian Dalam Negeri tolong diingatkan seluruh kepala daerah agar semuanya waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana dalam musim hujan yang ekstrem ini,” ujar Jokowi saat membuka Sidang Kabinet Paripurna tentang Penetapan RPJMN 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/1/2019).

Selain itu, Jokowi juga memerintahkan agar TNI-Polri membantu ke lokasi saat banjir.

“Juga Basarnas serta BNPB, perintah ini tak perlu saya ulang-ulang lagi,” ucap dia.

Tak hanya itu, Jokowi pun meminta kepada seluruh kementerian yang terkait untuk bergerak cepat memberikan bantuan kepada korban banjir.

“Berkaitan dengan kesehatan ya Menteri Kesehatan, berkaitan dengan bantuan-bantuan sosial ya Menteri Sosial. Berkaitan dengan bantuan mungkin juga di Kementerian BUMN yang bisa menggerakkan BUMN. Walau saya lihat semua sudah bergerak, tapi perlu saya ingatkan lagi,” katanya.

Untuk diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat jumlah korban meninggal akibat banjir dan longsor di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat yakni berjumlah 60 orang. Dua orang dinyatakan mash hilang.

Jumlah tersebut dari sebelumnya berjumlah 53 korban meninggal dunia dalam bencana banjir dan tanah longsor.

“Jumlah korban per tanggal 4 Januari 2020, pukul 18.00 WIB, sebanyak 60 orang meninggal dan dua orang hilang,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dari keterangan tertulis, Minggu (5/1/2019).

Diketahui, pernyataan Jokowi tersebut menyusul intensitas hujan yang menyebabkan sejumlah wilayah di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, terendam banjir pada Rabu (1/1/2020) lalu.

 

 

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1902 Agustus 2021 10:53
Jaga Prokes, Petugas Gabungan Razia di Perbatasan Makassar-Gowa
Setiap pengendara yang tidak memakai masker diberhentikan petugas. Mereka diminta untuk memakai masker yang benar. Tidak hanya itu, petugas juga menge...
News01 Agustus 2021 21:52
Yusran Jusuf Bangun Yayasan TernaKita Satu Kambing untuk Satu Anak Yatim
MAROS — Mantan Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf rupanya tidak hanya kembali ke dunia akademisi untuk mengabdikan dirinya kepada mahasiswa. Tetapi...
Gaya Hidup01 Agustus 2021 19:20
Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat Bisa Cegah Kanker
“Didasari dengan prinsip-prinsip hidup sehat kita bisa mencegah terjadinya kasus baru," kata Cut. "Ini perlu ditekankan karena gaya hidup dan pola m...
Hukum & Kriminal01 Agustus 2021 17:45
Diduga Dianiaya Oknum Polisi, Warga Gowa Ini Melapor ke Propam Polres Gowa
Untuk diketahui, oknum polisi yang bertugas di Polres Gowa berinisial Gun dilaporkan ke Propam Polres Gowa. Oknum polisi berpangkat Briptu itu dilapor...