Bincang Hangat, Dua Jenderal Asal Toraja Ini Ternyata Masih Saudara

MAKASSAR – Tidak banyak yang tahu, jika dua putra asal Tana Toraja yang berpangkat jenderal bintang dua ini masih ada hubungan saudara.

Mereka adalah Irjen Pol Drs Verdianto Bitticaca yang kini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) dan Irjen Pol (Purn) Drs Frederik Kalalembang mantan Deputi Kebijakan dan Strategi Badan Kramanan Laut ( Bakamla ). Keduanya bertemu di salah satu cafe di Kota Makassar, sambil berbincang berbagai persoalan.

Sekadar diketahui, dua Jenderal ini sama sama jebolan Akademi Kepolisian 1988. Hanya saja karena usia mendahului, Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang masuk purna tugas. Semenatara Irjen Pol Drs Verdianto Bitticaca tergolong paling muda diantara Akpol 1988, dan akan purna tugas pada 2025 mendatang.

Tak banyak tahu jika Ibu dari kedua Jenderal ini bersaudara kandung dan berasal dari Tana Toraja. Kedua Jenderal ini menyelesaikan pendidikannya di Makassar.

Irjen Pol (Pyurn) Frederik Kalalembang (tengah) saat masih aktif di Polri

Verdianto bersekolah di SMAN 2 Makassar semenatara Frederik di SMAN 1 Makassar. Karena kesibukan, kedua Jenderal ini jarang bertemu.

“Kami jarang bertemu hanya saling memberi kabar Via telefon selluler. Kebetulan secara tidak disengaja pertemuan di Makassar dengan tujuan yang beda,” ujar Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang.

Dikatakan, Verdianto kebetulan selesai rapat dengan Pangdam XIV Hasanuddin sehingga datang ke Makassar. “Kami bertemu dan membahas berbagai hal terkait keamanan,” ujarnya. (*)