Logo Lintasterkini

Warga Keluhkan Harga Eceran Elpiji 3 Kilogram Sampai Rp25 Ribu

Andi
Andi

Selasa, 06 April 2021 10:19

Ilustrasi Gas Elpiji 3 Kg. (Foto:Okezone).
Ilustrasi Gas Elpiji 3 Kg. (Foto:Okezone).

MAKASSAR — Kenaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 kilogram mulai dikeluhkan warga. Satu tabung dihargai hingga Rp25 ribu.

Salah seorang warga Kelurahan Paropo, Kecamatan Panakkukang, Rosmiaty mengatakan, sejak HET elpiji 3 kilogram naik dari Rp15.500 menjadi Rp18.500, harga di pasaran mulai melejit.

Kenaikan harga itu disebutnya cukup signifikan. Bervariasi. Berada di kisaran Rp20 ribu hingga Rp25 ribu untuk satu tabung elpiji 3 kilogram.

”Di warung-warung begitu harganya. Beda-beda biasanya. Kalau mau beli di agen cepat sekali habis juga,” keluhnya kepada LINTASTERKINI, Selasa (6/4/2021).

Kondisi ini pun diakuinya cukup meresahkan. Apalagi menjelang Ramadan. Intensitas memasak, kata dia, akan lebih banyak dari hari-hari biasanya.

”Dulu waktu belum naik masih dapat harga Rp17 ribu sampai Rp19 ribu di warung-warung. Kalau di agen dengan harga normal masih biasa didapat juga,” terangnya.

Dia berharap pemerintah bisa mengambil sikap atas hal ini. Paling tidak memberi solusi kepada masayarakat.

Sebelumnya, Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Perdagangan Makassar, Ikhsan mengatakan akan terus melakukan pemantuan agar tidak ada permainan harga dikalangan pengecer.

“Agar tidak terjadi kelanggkaan dan tidak terjadi permainan harga tentu kami intens melakukan koordinasi, baik dengan pemerintah provinsi dan pertamina,” kata Iksan.

Selain itu, Ikhsan juga akan melakukan pengawasan rutin di setiap agen dan pangkalan agar pasokan dan harga tetap dalam alur yang telah ditentukan.

“Karena sebenarnya itu kadang ada calo-calo ini yang mempermainkan harga sebelum sampai ke pengecer atau di warung-warung kelontong. Makanya itu akan dipantau juga, jangan sampai melambung nanti harganya,” ujar dia.(*)

 Komentar

 Terbaru

News25 Mei 2024 10:10
KJS Gelar Workshop dan Apresiasi Jurnalis
MAKASSAR – Komunitas Jurnalis Sulsel (KJS) kembali menggelar “Workshop dan Apresiasi Jurnalis” minggu 26 Mei 2024. Dalam kegiatan in...
News25 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Dukung Festival Anak Sholeh Indonesia di Bantaeng
MAKASSAR – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) XII Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan tema Santri Hebat: Hebat Prestasi, Hebat Mengaji, dan Bera...
News25 Mei 2024 08:10
Pj Gubernur Zudan-Duta Besar RI untuk Portugal Bahas Peluang Kerja Sama Produk Sulsel Masuk Eropa
MAKASSAR – Duta Besar Republik Indonesia untuk Portugal, Rudy Alfonso, menyatakan dukungannya kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Su...
Politik24 Mei 2024 22:09
Andi Seto Asapa Mantap Bertarung di Pilwalkot Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mantap untuk ikut bertarung di kontestasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024-2029 mendatang. Keseriusan it...