Logo Lintasterkini

3 Mahasiswa Unibos Terima Pendanaan PKM 2021

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 06 Mei 2021 17:12

3 Mahasiswa Unibos Terima Pendanaan PKM 2021

MAKASSAR — Tiga mahasiswa Universitas Bosowa (Unibos) kembali terima pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Adapun skema yang didapatkan ialah PKM-PI (Penerapan Iptek) dengan judul “Penerapan Alat Pengasapan 3 in 1 Berbasis Zero Waste untuk Meningkatkan Kualitas Telur Asin” oleh Sari Andira Tahir (Fakultas Teknik).

Ada juga PKM-RE (Riset Eksakta) dengan judul “Pemanfaatan Nira Aren dan Minyak Atsiri Kayu Manis pada Pembuatan Handsanitizer sebagai Antiseptik Alami Pencegahan Penyebaran” oleh Hizkia Triadi Paningo (Fakultas Teknik).

Kemudian PKM-RE dengan judul “Reklamasi Tanah Tambak Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) Menggunakan EcoEnzyme oleh Mitra Mandasari (Fakultas Pertanian).

Sari Andira menuturkan, sangat senang dan bersyukur karena penelitiannya bisa lolos dan mendapatkan dana dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Ia berharap dari penelitian yang dibuatnya dapat bermanfaat khususnya industri skala rumahan agar dapat meningkatkan daya jual produk yang dipasarkan.

“Terima kasih kepada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang akan mendanai penelitian kami, saya berharap dalam pelaksanaan program ini dapat meningkatkan kualitas produk Industri skala rumahan melalui teknologi tepat guna yang bersifat efektif dan efisien, serta meningkatkan harga jual produk, juga memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang proses produksi ramah lingkungan berbasis zero waste,” tuturnya, Kamis (6/5/2021).

Al Gazali selaku pembimbing turut menjelaskan mahasiswa harus serius dan aktif berkonsultasi agar menghasilkan proposal yang baik dan benar.

“Tentunya dalam rangka menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual. Mahasiswa juga harus faham betul kriteria penyusunan proposal, dan memberikan konten penelitian yang mengandung unsur kebaruan, inovatif dan pemanfataan potensi disekitar kita” jelasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 15:07
Kasus Mayat Dibakar di Maros, Resmob Polda Sulsel Amankan Dua Terduga Pelaku
MAROS–Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel akhirnya menangkap dua pelaku pembunuhan pria yang mayatnya ditemukan hangus terbakar di Kabupaten Maros ...