Logo Lintasterkini

Pemkot Makassar Putuskan Masjid Boleh Laksanakan Salat Idulfitri

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 06 Mei 2021 15:12

Jemaah salat Jumat di Masjid Al Markaz Al Islami
Jemaah salat Jumat di Masjid Al Markaz Al Islami

MAKASSAR — Pemkot Makassar memutuskan salat Idulfitri bisa dilaksanakan di masjid. Berdasarkan hasil rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Keputusan itu disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada rapat koordinasi bersama Forkopimda di Ruang Sipakatau Kantor Balaikota Makassar, Kamis (6/5/2021).

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto— mengatakan, pelaksanaan salat Id tahun ini akan dikonsentrasikan di masjid. Hal ini dilakukan untuk mengurai kerumunan dalam jumlah besar.

“Dikonsentrasikan di masjid, kemudian dengan backup ruang-ruang terbuka di sekitar masjid. Baik itu jalanan maupun lapangan terbuka,” sebut Danny.

Masyarakat juga dibolehkan menggelar salat Id di lapangan terbuka sekitar kediamannya. Kebijakan ini nantinya akan dikomunikasikan dengan RT/RW setempat.

“Aternatif ini kita serahkan ke masing-masing RW untuk memilih sesuai kondisinya masing-masing,” ujarnya.

Khusus di Lapangan Karebosi, Danny memutuskan tidak memberi izin untuk melaksanakan salat Id. Sebab, dikhawatirkan akan terjadi penumpukan massa dalam jumlah besar. Sulit diawasi.

“Untuk Masjid Raya dan Al-Markaz kami serahkan ke pengelolanya masing-masing. Kalau mau buka silakan, kalau mau ikut sistem ini silakan,” kata Danny.

Selain itu, pemkot juga memutuskan untuk memasukkan pesan seragam pada khotbah Idulfitri. Naskahnya akan disusun oleh Kementerian Agama di Kota Makassar.

“Isinya menyangkut hubungannya dengan bagaimana masyarakat menghadapi pandemi, dan pesan Idulfitri yang disusun sendiri oleh khotibnya masing-masing,” imbuhnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News15 Juni 2021 17:39
Sahruddin Said: 2020 Lalu Ada Operator PPDB Masukkan Data Fiktif
MAKASSAR — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Makassar tahun ini mendapat perhatian khusus dari legislator. Termasuk potensi permaian yang terjadi...
Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...