Logo Lintasterkini

Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Sekolah Dasar di Jeneponto

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 06 Juni 2022 09:06

Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Sekolah Dasar di Jeneponto

JENEPONTO – Dosen Universitas Negeri Makassar, Ir. Muhammad Riska, S.Pd. M.Pd., Dr. Andi Imran, M.T. dan Elfira Makmur, S.Pd., M.Pd. melakukan pengabdian pada masyarakat (PKM) mencoba meningkatkan kapasitas guru dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek bagi guru sekolah dasar di Jeneponto.

Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Selain itu juga saat ini pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu cara mencapai profil pelajar pancasila yang tertuang dalam kurikulum merdeka saat ini.

Pembelajaran berbasis proyek kata Muh.Riska mampu membantu siswa untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar mereka dengan cara pemecahan masalah yang sistematis yang akan menemukan solusi dalam bentuk produk pembelajaran.

Dalam kegiatan pengabdian ini terlihat guru dari Gugus 3 Bangkala Jeneponto sangat antusias mengikuti dan berinteraksi berkaitan dengan bagaimana strategi dalam merancang pembelajaran berbasis proyek. Dimana kegiatan di lakukan pada tanggal 3 Juni 2022 yang diikuti kurang lebih 70 peserta guru sekolah dasar dari 10 sekolah.

“Hasilnya guru mampu merancang pembelajaran berbasis proyek, mereka merancang dengan menggunakan tabel GRASPS (Goal, Role, Audiens, Situation, Produktif, Standart) sebagai langkah untuk acuan untuk menerapkan dalam kegiatan pembelajaran” katanya.

Target dari pengabdian kemitraan masyarakat ini adalah guru sekolah dasar di Jeneponto dapat merancang pembelajaran berbasis proyek. Harapannya tidak hanya sampai pada perancang tetapi juga sampai pada penerapan di kelas.

Senada juga dengan Imran, (selaku pengabdian dari Jeneponto), mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu membantu guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung penerapan kurikulum merdeka.

Pertemuan ini tidak hanya sampai dalam pertemuan ini tetapi juga guru dapat berkonsultasi dan didampingi dalam penerapan dikelas.

Salah satu guru peserta sekaligus ketua KKG Gugus 3 Bangkala, Rasihun mengatakan “Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru-guru, kalau bisa ada kegiatan lanjutan dan pendampingan untuk guru-guru di Jeneponto” terangnya. (*)

Penulis : Azho

 Komentar

 Terbaru

News29 September 2022 16:13
Fatma Wahyudin Minta Ojol Day Setiap Selasa Ditinjau Ulang
MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Fatma Wahyudin meminta penerapan Ojol Day setiap Selasa untuk ditinjau ulang. Khususnya pemberlakuannya u...
News29 September 2022 15:21
Operasi Zebra 2022, Ini Tujuh Prioritas Pelanggaran
MAKASSAR – Polri kembali melaksanakan operasi Zebra 2022. Pelaksanaannya mulai pada 3 Oktober hingga 16 Oktober 2022, serentak di seluruh Indone...
Hukum & Kriminal29 September 2022 14:04
Dikejar OTK Pakai Busur, Dua Remaja di Makassar Luka Serius
MAKASSAR – Nasib nahas menimpa dua remaja yakni RR (18) dan W (18). Keduanya mengalami luka akibat terjatuh dari motor setelah dikejar OTK (oran...
News29 September 2022 08:26
Pemkot Makassar Siapkan 53 Unit Kendaraan Damtor
MAKASSAR – Pemkot Makassar bakal menyediakan kendaraan pemadam kebakaran motor (damtor). Penyediaannya melalui Dinas Pemadam kebakaran dengan ma...