Logo Lintasterkini

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Gubernur Zudan Gaungkan Gerakan Sulsel Menanam

Redaksi
Redaksi

Kamis, 06 Juni 2024 08:05

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof. Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Pemprov Sulsel)
Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof. Zudan Arif Fakrulloh. (Foto: Pemprov Sulsel)

PANGKEP – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pemulihan dan melestarikan lingkungan dengan Gerakan Sulsel Menanam.

“Mari kita melakukan pemulihan dan melestarikan lingkungan. Pemulihan dan pelestarian lingkungan ini sangat mendasar dan sebagai upaya untuk menurunkan emisi rumah kaca,” kata Prof Zudan dalam sambutannya pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Kantor PT Semen Tonasa Indonesia, Pangkep, Rabu (5/6/2024).

Menurut Prof. Zudan, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), ada 2,1 juta kepala keluarga di Sulsel. Dengan 2,1 juta kepala keluarga ini, apabila serentak melakukan penanaman dalam sebulan, maka ada 2,1 juta pohon baru yang tumbuh di Sulsel.

“Jadi, dengan menanam pohon 2,1 juta, 2,4, juta, 3 juta pohon per bulan, maka nanti Sulawesi Selatan oksigennya akan menjadi bagus. Insyaallah kita semua akan panjang umur,” ujarnya,

“Nanti Sulawesi Selatan tinggal mengatakan kepada orang-orang, kalau Anda mau sehat dan dapat oksigen terbaik, maka datang ke Sulawesi Selatan. Jadi, kita akan jadikan sebagai wisata kesehatan,” tambahnya.

Sementara, target yang ingin dicapai dari Hari Lingkungan ini sesuai arahan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Prof. Siti Nurbaya, pertama pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup, kedua penurunan emisi rumah kaca.

“Pemulihan lingkungan, pelestarian lingkungan, dan penurunan emisi rumah kaca, salah satu yang harus kita lakukan adalah memperbanyak ekosistem ekonomi hijau dan sistem ekonomi biru,” tuturnya.

Prof. Zudan melanjutkan, untuk jenis pohon sendiri bisa memilih pohon apa saja, seperti padang lamun, mangrove di laut, buah-buahan, dan lainnya.

“Jadi, Bapak dan Ibu mari, kita tunaikan Gerakan Sulsel menanam, yang ditanam silahkan boleh rumput laut, padang lamun, mangrove, dan tanaman lainnya, buah-buah boleh, kelapa boleh, pisang boleh, sukun boleh, durian boleh, yang nggak boleh adalah tidak menanam,” pesannya.

Sementara, 24 daerah di Sulsel kompak melakukan penanaman sejumlah pohon. Antara lain Kabupaten Maros 2.000 pohon, Takalar 3.000 pohon, Soppeng 5.000 pohon, Bulukumba 10.000 pohon, Luwu Utara 1.400 pohon, Toraja Utara 3.000 pohon, Kota Parepare 2.000 pohon, dan seluruh daerah lainnya hadir secara virtual dalam acara tersebut.

“Terima kasih semua kabupaten/kota se-Sulsel dan seluruh masyarakat Sulsel sudah memulai untuk menuju ekonomi hijau dan ekonomi biru,” ucapnya.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis26 Juli 2024 23:59
Beginilah Bentuk Implementasi CIMB Niaga Terhadap Bisnis Berkelanjutan
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap kegiat...
News26 Juli 2024 20:59
Bumi Karsa Turut Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan Instan Hingga Perlengkapan Medis
GORONTALO – Bumi Karsa turut membantu korban longsor yang terjadi di Kecamatan Suwawa, Gorontalo. Bantuan yang disalurkan berupa puluhan dus makanan...
Politik26 Juli 2024 18:48
PAN Terima Pendaftaran Andi Seto Sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di DPD PAN Makassar, di Jalan Abdullah Dg Sirua, Ju...
News26 Juli 2024 16:52
Fashion Show Kucing, Meriahkan Zona 5 F8
MAKASSAR – Salah satu bagian dari Event Makassar Internasional Eight Festival abd Forum (F8), disemarakkan oleh komunitas para pemerhati kucing....