Logo Lintasterkini

Tanam Ribuan Bibit Tanaman, TP PKK Gowa Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan Rumah

Fakra
Fakra

Kamis, 06 Juni 2024 18:17

Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan penanaman serentak 30.000 bibit tanaman cabai, pohon pisang dan pohon pelindung secara serentak.(Foto:pemkab Gowa)
Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan penanaman serentak 30.000 bibit tanaman cabai, pohon pisang dan pohon pelindung secara serentak.(Foto:pemkab Gowa)

GOWA – Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan penanaman serentak 30.000 bibit tanaman cabai, pohon pisang dan pohon pelindung secara serentak.

Kegiatan ini berlangsung serentak melalui zoom di 18 Kecamatan yang ada. Sementara, secara simbolik kegiatan berlangsung di Kelompok Tani Nirannuang, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, Kamis (6/6).

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf mengatakan, gerakan penanaman serentak tersebut dalam rangka pemanfaatan lahan pekarangan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan mengkampanyekan gerakan tanam cabai, pisang dan pohon pelindung sesuai himbauan dari tim penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan.

“Tingginya kebutuhan cabai terkadang membuat ketersediaan petani tidak dapat mencukupi kebutuhan dan juga mengurangi pengeluaran dari segi ekonomi masyarakat dengan menanam cabai cukup mudah sehingga ibu-ibu di kecamatan dapat melakukannya secara mandiri,” kata Istri Wakil Bupati Gowa ini.

Mussadiyah juga mengimbau kepada seluruh anggota PKK dan masyarakat untuk bersama-sama menanam cabai di pekarangan rumah masing-masing dan di kebun-kebun masyarakat. Di mana PKK bekerja sama dengan dinas tanaman pangan dan holtikultura kabupaten Gowa membagikan bibit kepada masyarakat melalui TP PKK Kecamatan.

” Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan produksi cabai di kabupaten Gowa sehingga penanganan inflasi akan cabai bisa kita penuhi dan kita bisa menstabilkan harga cabe di pasar, ” ujarnya.

Dengan semangat bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju, Mussadiyah mengajak masyarakat untuk menunjukkan komitmen yang kuat dalam membangun kesejahteraan keluarga serta mendukung visi misi Indonesia maju melalui partisipasi dalam gerakan penanaman cabai dan pohon pelindung di pekarangan rumah ini.

“Kami juga berterima kasih kepada dinas tanaman pangan dan holtikultura dan kelompok tani yang sudah dengan semangat mendukung dan melaksanakan kegiatan penanaman serentak tanaman cabai pohon pisang dan pohon pelindung TP PKK Kabupaten Gowa ini, ” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Fajaruddin mengatakan, total bibit yang ditanam secara serentak sebanyak 30.000 bibit yang tersebar di 18 Kecamatan.

“Saya pikir ini menjadi tugas bersama kita untuk melakukan penanaman seperti pisang cavendish, kemudian cabai dan tanaman pelindung.
Dan saya kira ini menjadi apresiasi kita semua karena merupakan kolaborasi dengan PKK Kabupaten dan dinas Perkebunan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, ” tuturnya.

Lanjutnya, Kegiatan penanaman cabai, pisang Cavendish dan pohon pelindung ini sebagai gerakan untuk ketahanan pangan Kabupaten Gowa, utamanya ketahanan pangan keluarga, yang mana PKK mendorong kelompok-kelompok Tani untuk bisa mengadakan kegiatan ini kedepannya.

“Kedepannya akan kita galakkan lagi dengan tambahan-tambahan bibit dari provinsi, bantuan-bantuan ini bisa kita lakukan dan sekira gerakan ini harus kita lakukan secara bersama-sama, ” ujarnya.

Fajar memastikan program penanaman ini akan menjadi program tahunan TP PKK Gowa bersama Dinas Perkebunan dan Holtikultura. (Rilis)

 Komentar

 Terbaru

Gaya Hidup25 Juni 2024 08:15
8 Tanda Seseorang Memberi Harapan Palsu, Jangan Terjebak!
LintasTerkini.com – Pemberi harapan palsu, atau yang sering disingkat sebagai PHP, adalah istilah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ...
News24 Juni 2024 20:48
Tingkatkan Layanan Tanggap Bencana, Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi
MAKASSAR – Dalam menunjang berbagai pelaksanaan misi tanggap bencana, Kalla Rescue meresmikan sekretariat yang berlokasi di NIPAH PARK, Senin, (...
News24 Juni 2024 20:35
Perkenalkan Inovasi Infasra, Peserta Diklatpim XI LAN RI Ambar Sallatu Tampil di Depan PJ Sekda
MAKASSAR – Sejumlah peserta pelatihan kepemipinan administrator angkatan XI LAN RI melaunching inovasi aksi perubahan. Mereka memperkenalkan sej...
News24 Juni 2024 17:22
Speedboat Free Dive Alami Mati Mesin, KN Sar Kamajaya 104 Dikerahkan Lakukan Evakuasi
MAKASSAR – Sebuah speedboat dilaporkan mengalami mati mesin dan terombang-ambing di perairan Pulau Marasende Kecamatan Liukang Kalmas Kabupaten ...