Logo Lintasterkini

Danlantamal VI Tutup Pendidikan Provos Nasional Menwa dan BJRB

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 06 Juli 2018 23:59

Danlantamal VI, Laksamana Pertama Dwi Sulaksono menutup Pendidikan Provos Nasional Menwa dan BJRB.
Danlantamal VI, Laksamana Pertama Dwi Sulaksono menutup Pendidikan Provos Nasional Menwa dan BJRB.

MAKASSAR – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VI, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H, M. Tr. (Han) menutup secara resmi Pendidikan Provos Menwa Tingkat Nasional dan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB). Penutupan pendidikan itu dilakukan di Dermaga Layang Markas Komando (Mako) Lantamal VI, Jumat (6/7/2018).

“Pendidikan Provos Menwa ini dilaksanakan untuk melatih mental dan fisik serta bekal pengetahuan dasar tentang Keprovosan. Sehingga hal tersebut dapat memberikan kontribusi yang baik bagi institusi dunia pendidikan kampus dan organisasi Menwa,” tutur Danlantamal VI, Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono menyampaikan.

Sedangkan BJRB merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk membentuk mental, kejuangan, jiwa bahari dan semangat pengabdian yang tinggi serta dilandasi oleh nilai-nilai Pancasila. Pendidkan Provos Menwa tingkat Nasional dilaksanakan mulai 3 Juli 2018, diikuti 39 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

Pelatihan dilakukan selama empat hari masa pendidikan. Peserta digembleng oleh Pomal Lantamal VI dengan memberi materi tentang Keprovosan. Sementara itu BJRB dilaksanakan mulai dari tanggal 4 Juli 2018 yang diikuti oleh 40 peserta, selama 3 hari peserta diberi materi pembinaan dengan orientasi pada beberapa peningkatan seperti kesadaran bernegara.

Materi lainnya seperti kesadaran hukum, pengenalan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), bahaya penyalahgunaan narkoba, pengenalan Saka Bahari dan pengenalan olahraga air. Materi pembinaan diberikan dengan harapan dapat meningkatkan akhlak, etika, budi pekerti, disiplin serta semangat juang bahari yang tinggi.

Pentutupan pendidikan Provos Menwa dan BJRB ditandai dengan pelepasan tanda peserta oleh Danlantamal VI. Hadir dalam upacara penutupan ini, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M.Tr (Han), para Asisten Danlantamal VI, Dansatrol, Kafasharkan, Kadis/Kasatker, Pembantu Rektor III UIN Alaudin dan para Perwira Menengah Lantamal VI. (*/B)

Penulis : Slamet

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis26 Juli 2024 23:59
Beginilah Bentuk Implementasi CIMB Niaga Terhadap Bisnis Berkelanjutan
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap kegiat...
News26 Juli 2024 20:59
Bumi Karsa Turut Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan Instan Hingga Perlengkapan Medis
GORONTALO – Bumi Karsa turut membantu korban longsor yang terjadi di Kecamatan Suwawa, Gorontalo. Bantuan yang disalurkan berupa puluhan dus makanan...
Politik26 Juli 2024 18:48
PAN Terima Pendaftaran Andi Seto Sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di DPD PAN Makassar, di Jalan Abdullah Dg Sirua, Ju...
News26 Juli 2024 16:52
Fashion Show Kucing, Meriahkan Zona 5 F8
MAKASSAR – Salah satu bagian dari Event Makassar Internasional Eight Festival abd Forum (F8), disemarakkan oleh komunitas para pemerhati kucing....