Logo Lintasterkini

Youth City Changers Rakernas Apeksi di Makassar, Bakal Diikuti Delegasi Pemuda Singapura

Redaksi
Redaksi

Kamis, 06 Juli 2023 08:24

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware.

MAKASSAR – Youth City Changers menjadi salah satu rangkaian Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVI 2023 di Kota Makassar.

Menarik karena Youth City Changers tidak hanya diikuti ratusan pemuda dari 98 kota se-Indonesia peserta Apeksi, tetapi juga melibatkan delegasi pemuda Singapura.

Keterlibatan delegasi pemuda Singapura, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar, Andi Pattiware, berkat inisiasi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto.

Beberapa waktu yang lalu, Danny Pomanto melakukan pertemuan dan mengundang Menteri Pendidikan Singapura, Chan Chun Sing, mengikuti Youth City Changers Apeksi di Makassar.

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan konfirmasi kalau National Youth Council Singapura akan mengirimkan lima orang delegasi pemuda dari sana,” kata Pattiware, Rabu (5/7/2023).

Kehadiran delegasi pemuda Singapura di Youth City Changers, kata Pattiware, memberikan perspektif baru terkait solusi dari masalah kepemudaan yang terjadi khusus di negara maju seperti Singapura.

“Mereka nantinya akan mengikuti forum membahas isu-isu kepemudaan bersama dengan pemuda-pemuda di Indonesia,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Makassar, Muhammad Dasysyara Dahyar, menjelaskan peserta Youth City Changers nanti akan dibagi menjadi empat komisi.

Delegasi pemuda, baik Indonesia maupun Singapura, akan membahas empat tema, di antaranya digitalization, future leader, empowerment, dan sustainability.

“Masing-masing dari komisi nanti akan memaparkan status quo atau keadaan di daerahnya masing-masing dan akan ditanggapi pemuda dari kota lain. Apakah pernah terjadi dan solusinya seperti apa,” jelasnya.

Hasil dari forum diskusi tersebut, lanjut Dee sapaan akrabnya, akan disampaikan pada saat puncak acara Rakernas Apeksi di hadapan 98 wali kota se-Indonesia.

“Mereka akan menyusun draft point dan hasilnya akan dibacakan saat puncak Rakernas Apeksi. Jadi, teman-teman pemuda akan menyampaikan apa yang selama ini menjadi keresahan di kota masing-masing,” bebernya,

Diketahui, Youth City Changers Rakernas Apeksi akan berlangsung di Tokka Tena Rata, Kabupaten Maros, pada 10-11 Juli 2023.

Mengusung tema Kolaborasi Kaum Muda untuk Indonesia Kuat, kegiatan nanti akan menghadirkan empat pembicara, yakni Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto; Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo; dan Ketua Apeksi, Bima Arya.

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...
News19 April 2024 17:33
Jumat Sehat, GMTD Gelar Senam Sehat Bersama di Green River View 
MAKASSAR – PT Gowa Makassar Tourism Development,Tbk (GMTD) mengajak warga bersama karyawan PT GMTD melakukan kegiatan senam bersama setelah lebi...
News19 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Dianugerahi Gelar Adat Daeng Mappuji dari Dewan Adat Saoraja Bone
BONE – Dewan Adat Saoraja Bone menganugerahkan gelar adat kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Dengan nama Daeng Mappuji, gelar ini me...