Logo Lintasterkini

Raih Akreditasi Unggul, Magister Ilmu Hukum UMI Jadi PTS Pertama di Indonesia

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Jumat, 06 Agustus 2021 18:43

Plt Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum UMI, Prof Sufirman (kiri) bersama Ketua Program Studi Magister Akuntansi, Prof Mursalim.
Plt Ketua Program Studi Magister Ilmu Hukum UMI, Prof Sufirman (kiri) bersama Ketua Program Studi Magister Akuntansi, Prof Mursalim.

MAKASSAR — Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muslim Indonesia (UMI) patut berbangga. Program Magister Ilmu Hukum berhasil meraih akreditasi unggul.

Akreditasi tertinggi di perguruan tinggi itu diumumkan secara resmi melalui situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada (7/7/2021) lalu.

Raihan ini membawa Program Magister Ilmu Hukum PPs UMI menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama yang meraih akreditasi unggul tidak hanya lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX, tetapi juga di Indonesia.

Plt Ketua Porgram Studi (KPS) Magister Ilmu Hukum PPs UMI, Prof Sufirman Rahman mengatakan, raihan ini didapatkan dari kerja keras dan keuletan tim dalam menyiapkan proses reakreditasi.

Ia menyebut, ada banyak kompenen yang mesti dipenuhi untuk bisa meraih akreditasi unggul. Semua komponen itu disebutnya telah terpenuhi sehingga layak mendapat predikat unggul.

Misalnya, kata dia, rasio dosen dan mahasiswa yang sesuai dengan standar, yakni 1:20. Kemudian, ada kurikulum pembelajaran yang diperbarui setiap tahun. Lalu ada tracer study atau penelusuran alumni.

“Termasuk bagaimana publikasi mahasiswa di Pascasarjana UMI yang eksis. Mahasiswa kita rutin membuat jurnal atau karya tulis yang bereputasi,” kata dia, Jumat (6/8/2021).

Asisten Direktur II PPs UMI ini menambahkan, Program Magister Ilmu Hukum sudah empat kali meraih akreditasi A secara beruntun. Perolehan itu disebutnya menjadi peluang untuk mengajukan borang Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

“Kami rampungkan data yang mau dikirim itu semua hanya dengan waktu enam hari digenjot. Saya dan tim memang bekerja serius pagi, sore, siang, malam,” ucapnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...