Logo Lintasterkini

Perkuat Kompetensi, Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Penulisan dan Penelaahan Soal UKAKMI

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 06 November 2018 10:12

Perkuat Kompetensi, Dosen FKM Unhas Ikuti Pelatihan Penulisan dan Penelaahan Soal UKAKMI

MAKASSAR – Workshop pelatihan penulisan dan penelaahan soal Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (UKAKMI) digelar oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin di Hotel MaxOne Makassar, Kamis – Jum’at, 1-2 November 2018 lalu.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Sukri Palutturi, S.KM, M.Kes., Ph.D mewakili Dekan FKM Unhas. Peserta pada kegiatan ini merupakan dosen dari berbagai PT Kesmas yang ada di Regional Timur. Jumlah peserta sebanyak 32 orang yang merupakan perwakilan dari Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Pancasakti, Universitas Gorontalo, STIK Tamalate, STIK Makassar, STIK Avicenna Kendari, dan STIKES Mandala Waluya Kendari. FKM Unhas mengutus 8 orang peserta pada kegiatan ini yang merupakan perwakilan setiap departemen.

Narasumber pada kegiatan ini sebanyak tiga orang dari UKAKMI pusat, yaitu Dr. Sabarina, Dr. Fajar dan Ir. Suyatno, M.Kes. serta Ibu Meli di bagian administrasi. Sebelum pelaksanaan pelatihan, narasumber melakukan silaturahmi dengan Dekan FKM Universitas Hasanuddin Dr. Aminuddin Syam, S.KM, M.Kes., M.Med.Ed. Turut hadir pada pertemuan tersebut Ketua IAKMI Pusat Dr. Ridwan M. Thaha dan Ketua IBA Regional Timur Dr. Ida Leida M., S.KM, M.KM, M.Sc.PH.

“Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM dari institusi PT Kesmas untuk mampu menulis soal sesuai dengan blueprint baru UKAKMI sehingga dapat dihasilkan soal uji kompetensi yang lebih berkualitas dan sesuai dengan format yang telah ditetapkan dalam blueprint tersebut”, ujar Dr. Ida Leida M., S.KM, M.KM, M.Sc.PH.

“Hal ini dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan Uji Kompetensi Ahli Kesehatan Masyarakat, agar dapat menjamin lulusan pendidikan tinggi kesehatan masyarakat yang kompeten dan tersandar secara nasional”, lanjutnya.

Ketua IBA Regional Timur juga menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan antusias peserta mengikuti workshop ini. Semoga keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan di kampus masing-masing dalam membuat soal untuk mid test maupun final test. (*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional20 Februari 2024 23:54
Ini Harapan AMSI Terhadap Pengesahan Perpres Publishers Rights
JAKARTA – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 ...
News20 Februari 2024 22:56
Puncak Acara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidenreng Rappang, Forkopimda Kompak Hadir
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H bersama Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah hadiri Puncak Acara Peringatan H...
Peristiwa20 Februari 2024 21:05
Mobil Bak Terbuka Kecelakaan di Gowa, 1 Tewas
GOWA – Lantaran berusaha menghindari kendaraan lain dari arah berlawanan, sebuah mobil bak terbuka yang mengangkut delapan penumpang masuk jurang se...
Hukum & Kriminal20 Februari 2024 20:29
Miris, Santri di Makassar Meregang Nyawa Dianiaya Temannya
MAKASSAR – Nasib malang menimpa AR (14), seorang santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al Imam Ashim Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel)....