Logo Lintasterkini

Sosialisasi Program Bangga Kencana, Aliyah Mustika Ilham Perkenalkan Elsimil

Fakra
Fakra

Rabu, 07 Februari 2024 11:54

Sosialisasi, advokasi dan KIE program Bangga Kencana digelar di Hotel Max One, Selasa (06/02/2024), yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Kota Makassar.
Sosialisasi, advokasi dan KIE program Bangga Kencana digelar di Hotel Max One, Selasa (06/02/2024), yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Kota Makassar.

MAKASSAR BKKBN sebagai salah satu mitra dari Komisi IX DPR RI, gelar program Bangga Kencana.

Program ini merupakan salah satu program untuk mempercepat penurunan stunting, yang merupakan misi dari pemerintah pusat.

Sosialisasi, advokasi dan KIE program Bangga Kencana digelar di Hotel Max One, Selasa (06/02/2024), yang dihadiri oleh ratusan masyarakat Kota Makassar.

Sosialisasi ini menghadirkan Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Shodiqin SH,MM, dan juga Perwakilan Dinas P2KB, Masrita,S.Si,Apt.

Aliyah Mustika Ilham dalam kesempatan tersebut memperkenalkan Elsimil, aplikasi elektronik siap nikah dan hamil. Aplikasi ini merupakan inovasi dari BKKBN yang tujuan utamanya adalah menekan angka stunting.

“Aplikasi ini ditujukan kepada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, pasca persalinan dan balita. Aplikasi dapat diunduh di google play store, yang berisi tentang materi edukasi terkait kesiapan pranikah, kesiapan kehamilan, kesehatan reproduksi, kontrasepsi dan cegah kanker,” jelas Aliyah Mustika Ilham.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Shodiqin SH,MH, menyampaikan peran dari Aliyah Mustika Ilham, memperjuangkan anggaran, sehingga program ini dapat berjalan.

“BKKBN Provinsi Sulsel mengajukan permohonan anggaran kegiatan program ke pemerintah, dalam hal ini komisi IX DPR RI, sebagai mitra. Setelah mendapatkan persetujuan maka akan diselenggarakan, seperti yang dilaksanakan saat ini. Selama 1 dekade, kami telah terbiasa melakukan program ini bersama Aliyah Mustika Ilham,” ungkapnya.

Manfaat dari program Bangga Kencana sangat banyak, salah satunya untuk mewujudkan Indonesia generasi emas, dengan menghindarkan lahirnya anak stunting.

“Pemberian pemahaman kepada masyarakat sangat penting dilakukan, sehingga diharapkan dapat menaikkan partisipasi masyarakat untuk lebih peduli akan kondisi anak, khususnya di 1000 hari pertama kelahiran,” ungkapnya.

Sementara itu, Masrita,S.Si,Apt, menyampaikan beberapa alat kontrasepsi sebagai salah satu program dari Dinas P2KB Kota Makassar. Salah satu upaya pencegahan stunting, dengan adanya kelahiran yang terencana.(***)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa01 Mei 2024 10:23
Plafon Masjid di Makassar Roboh Usai Sholat Berjamaah, Tidak Ada Korban
MAKASSAR – Plafon sebuah masjid di Jalan Andalas, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tiba-tiba roboh, Selasa (30...
News01 Mei 2024 09:57
Pengamanan May Day di Sidrap, Kapolres Kerahkan Puluhan Personil Jaga Ketertiban
SIDRAP – Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada hari ini tanggal 1 Mei, pihak Polres Sidrap meningkatkan kesiapsiagaan...
Ekonomi & Bisnis01 Mei 2024 09:12
Kuartal I 2024, Indosat Ooredoo Hutchison Perkuat Kolaborasi Berdayakan Indonesia dengan AI
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT), hari ini mengumumkan hasil kinerja keuangan kuartal pertama (Q1) tahun 2024. Deng...
News01 Mei 2024 09:10
Gowa Raih Penghargaan PPD Terbaik Pertama Tingkat Sulsel 2024
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berhasil menjadi terbaik pertama Penghargaan Pembangun Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ...