Logo Lintasterkini

Kembangkan Wirausahawan, AFEB PTMA dan PT Unilever Jalin Kerjasama

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 07 April 2021 13:24

Penandatanganan nota kerjasama AFEB PTMA dan PT Unilever secara online.
Penandatanganan nota kerjasama AFEB PTMA dan PT Unilever secara online.

MAKASSAR — Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (AFEB-PTMA) dibentuk sejak 2017 silam, terus berkhidmat menggerakkan dan mengembangkan jejaring dengan berbagai mitra strategis. Salah satunya, pada Selasa, (6/4/2021) dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Unilever Indonesia Tbk.

Penandatanganan MoU antara AFEB-PTMA bersama PT Unilever dilaksanakan secara offline di Kampus ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Penandatanganan nota kesepahaman itu diikuti 24 Perguruan Tinggi anggota AFEB secara online.

Kerjasama yang disepakati adalah Program Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan yang diberi nama “Muda Maslahat, Unilever Entrepreneurship Bootcamp”. Acara ini turut dihadiri oleh Dr. Mukhaer Pakkanna, SE, M.Si selaku Ketua AFEB 2017-2021. Juga turut dihadiri Rektor ITB Ahmad Dahlan, Rizal Yaya, M.Sc. Ph.D, Ak., CRP, selaku Ketua AFEB 2021-2031.

Hadir pula Nurdiana Darus, selaku Kuasa Direksi PT Unilever Indonesia Tbk. dan jajaran Pengurus AFEB PTMA. Serta 20 Kepala Inkubator Bisnis PTMA yang akan dilibatkan dalam Kerjasama tersebut.

Selaku tuan rumah, Dr. Mukhaer Pakkanna menjelaskan bahwa awalnya kegiatan ini ditawarkan kepada MEK PP Muhammadiyah. Namun setelah ditimbang-timbang, ia pun berpikir eksekusinya akan lebih cepat jika diserahkan kepada AFEB PTMA.

Pada kesempatan tersebut, Nurdiana Darus selaku kuasa Direksi PT Unilever Indonesia menyampaikan bahwa PT Unilever dengan dukungan sumberdaya dan jejaringnya berkomitmen menggandeng AFEB PTMA untuk berkolaborasi dengan wirausahawan muda dari kalangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Sementara itu Ketua AFEB PTMA, Rizal Yaya, Ph.D yang juga Dekan FEB UMY menyatakan dirinya menyambut baik tawaran dari PT Unilever yang menyiapkan konsep pendampingan dunia industri untuk mengembangkan potensi wirausaha mahasiswa.

“Ini merupakan pendekatan baru dalam upaya pengembangan wirausaha mahasiswa yang sudah dilakukan oleh PTMA,” kata Ketua AFEB PTMA, Rizal Yaya, Ph.D.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa pada umumnya PTMA yang mempunyai Fakultas Ekonomi dan Bisnis sudah memiliki pusat inkubasi bisnis mahasiswa. Akan tetapi masih minim yang memiliki mitra dengan perusahaan besar berskala multinasional seperti PT Unilever.

“Adanya kerjasama ini diharap dapat memberi multiplier effect besar pada peningkatan skill dan juga minat wirausaha mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyahd dan Aisyiyah,” ujarnya.

Dalam perjanjian kerjasama inu beberapa kegiatan disepakati meliputi pengembangan kapasitas, pelatihan bisnis, pengembangan strategi bisnis dan pemasaran, mentoring dari pasar, perluasan jaringan bisnis atau networking dan akses permodalan. (*)

Penulis : ulla/yahya

 Komentar

 Terbaru

Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Bersama Melawan Covid-1916 April 2021 01:10
Sekkot Ajak Masyarakat jadi Motivator Makassar Recover
Dia juga menyelipkan pesan lainnya. Agar masyarakat senantiasa mencegah dan mendeteksi masuknya paham radikalisme di lingkungan tempat tinggalnya....
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
Hukum & Kriminal16 April 2021 00:51
Teroris yang Ditembak di Makassar Nyaris Bunuh Menteri SYL
MT pernah ditahan selama tiga tahun. Terlibat kasus percobaan pembunuhan "pemboman" Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di 2013 lalu...
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
News15 April 2021 23:44
Puluhan Teroris di Lapas Gunung Sindur Berikrar NKRI
Para napi itu diketahui berasal dari berbagai jaringan. Ada yang berpaham Jamaah Ansharut Daulah (JAD), simpatisan ISIS dan Daulah....
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
Olahraga15 April 2021 23:41
Bermandikan Kartu, PSM Harus Puas dengan Skor Imbang Lawan Persija
SLEMAN — PSM Makassar harus puas dengan skor imbang melawan Persija Jakarta. Peluang-peluang yang tercipta di babak kedua tak berhasil membuahkan go...