Logo Lintasterkini

KSAL dan Wali Kota Makassar Resmikan Monumen MNEK 2023

Redaksi
Redaksi

Rabu, 07 Juni 2023 11:52

Peresmian Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Selasa (6/6/2023).
Peresmian Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Selasa (6/6/2023).

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali, meresmikan Monumen 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, Selasa (6/6/2023).

Dibangun di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Monumen MNEK 2023 didesain Wali Kota Makassar. “Jadi, idenya dari saya langsung. Desainnya saya yang buat,” kata Danny Pomanto usai peresmian.

Danny Pomanto menyampaikan, ada makna pada tiap bentuknya, seperti patung komodo ikon nasional yang merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

“Komodo ikon nasional. Jadi, komodonya di atas. Kemudian ada bola dunia dan pedang itu ikon angkatan laut. Pedang poranya, kira-kira begitu. Baru ada 36 tanda tangan dari semua delegasi,” ungkapnya.

Danny Pomanto mengaku, tidak pernah membayangkan kawasan CPI bisa menjadi bagian dari sejarah MNEK. Latihan non-perang dengan melibatkan Angkatan Laut (AL) dari 36 negara.

“Sekarang monumen itu ada di sini, itu akan selalu mengingatkan kita bahwa MNEK pernah ada di sini. Ini juga akan menjadi warisan budaya bagi generasi penerus kita untuk menceritakan kisahnya melalui bentuk dan simbol,” tuturnya,

KSAL, Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam sambutannya menyampaikan monumen ini merupakan simbol dari pelaksanaan MNEK di Makassar.

Makassar, kata dia, merupakan tempat yang sangat strategis, khususnya bagi suku Bugis-Makassar, yang telah memiliki tradisi melaut selama berabad-abad.

Kata dia, monumen ini merepresentasikan komitmen bersama dalam persatuan maritim internasional dan satu arah dalam berkontribusi menjaga perdamaian maritim dalam region.

“Monumen ini juga merupakan simbol apresiasi tertinggi dalam dedikasi dan partisipasi MNEK,” ucapnya.

 Komentar

 Terbaru

News17 Mei 2024 13:53
Kalla Future Leaders Kembali Hadir, Tantang Mahasiswa dan Fresh Graduate Pecahkan Business Case Berhadiah Puluhan Juta Rupiah
MAKASSAR – Kalla Future Leaders (KFL) kembali hadir untuk menguji business case skill dari mahasiswa dan fresh graduate. Seluruh tahapannya berj...
Pemerintahan17 Mei 2024 12:02
TP PKK Kota Makassar Raih Juara Tiga Padus Tingkat Nasional di HKG PKK ke-52 Solo
SOLO – TP PKK Kota Makassar berhasil meraih juara di Lomba Paduan Suara (Padus) tingkat nasional pada Jambore Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang...
News17 Mei 2024 10:46
Kapolres Sidrap dan Forkopimda Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rehabilitasi Polsek Dua Pitue
SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, S.I.K.M.H didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny Siska Erwin Syah, Waka Polres Kompol Ahma...
Ekonomi & Bisnis17 Mei 2024 10:13
Kalla Toyota Hadir di Career Experience Day Kalla
MAKASSAR – Kalla Toyota, salah satu dealer Toyota terbesar di Indonesia kembali membuka peluang karir bagi para mahasiswa dan fresh graduate melalui...