Logo Lintasterkini

Polda Gelar Simulasi Jelang Pendaftaran Cagub Sulsel

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 07 September 2012 00:34

ilustrasi
ilustrasi

ilustrasi

MAKASSAR – Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat akan mengelar simulasi pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel jelang pendaftaran bakal calon gubernur pada 13-14 September 2012.

“Rencana dilakukan simulasi pengamanan besok siang, usai shalat Jumat di KPU Sulsel,” kata Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mudji Waluyo usai rapat tertutup dengan anggota KPU Sulsel di Makassar, Kamis.

Hal itu dilakukan, kata dia, untuk memperkecil peluang terjadinya tindakan massa yang ingin merusak stabilitas keamanan usai pendaftaran di KPU Sulsel.

“Sudah diperintahkan semua Kapolres di wilayah Makassar agar menjaga stabilitas keamanan termasuk KPUD diminta agar bersurat ke Polres terdekat untuk menjaga keamanan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya aksi kekerasan dan pengrusakan dari pihak tertentu,” tandasnya.

Ia menambahkan, pengamanan KPUD setempat merupakan tanggung jawab polisi dan wajib dilaksanakan.

Sebelumnya, pihak kepolisian memberikan wacana antisipasi dengan memisahkan pendaftaran calon.

“Ini bukan usulan Kapolda, tetapi merupakan antisipasi dan harus dilakukan,” paparnya.

Terkait dengan anggaran pengamanan yang sampai saat ini belum cair karena masih dibahas pada tingkat DPRD Sulsel, dia enggan berkomentar. Ia menyerahkan persoalan itu sepenuhnya kepada pihak terkait.

Simulasi dilakukan berkaitan dengan pendaftaran dua pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur, yakni pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin dan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Aziz Kahar Mudzakkar di hari yang sama yakni Jumat 14 September yang dinilai rawan konflik. Polisi akan diturunkan sebanyak 1.200 personil untuk berjaga-jaga.

Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas mengatakan, menjelang pelaksanaan pendaftaran tiga bakal calon, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk tim pemenang masing dan kepolisian untuk menjaga stabilitas keamanan.

KPU Sulsel telah menetapkan undangan hanya 50 orang yang diberi akses masuk, selebihnya di luar kantor KPU Sulsel.

“Hasil rapat tadi, pendaftaran masih tetap dilaksanakan KPU, dan tidak ada perubahan tempat. Jumat besok, akan dilakukan simulasi untuk pengamanan. Komitmen KPU melaksanakan pendafataran, karena kandidat yang mendaftar adalah orang yang memiliki niatan baik,” ujarnya.(ant)

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...