Logo Lintasterkini

Terdakwa Bansos Rp8,8 Miliar Divonis Dua Tahun

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 07 September 2012 00:37

Terdakwa Anwar Beddu saat menunggu vonis di Pengadilan Tipikor Negeri Makassar
Terdakwa Anwar Beddu saat menunggu vonis di Pengadilan Tipikor Negeri Makassar

Terdakwa Anwar Beddu saat menunggu vonis di Pengadilan Tipikor Negeri Makassar

MAKASSAR – Terdakwa dalam kasus penyelewengan dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebesar Rp8,8 miliar, Anwar Beddu, divonis dua tahun penjara oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Makassar, Kamis.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan tidak melakukan verifikasi kelengkapan pencairan dana bantuan sosial, sehingga terjadi pencairan Rp8,8 miliar ke 202 LSM fiktif,” kata Ketua Majelis Hakim Zulfahmi, dalam amar putusannya.

Ia mengatakan, terdakwa terbukti secara bersalah sesuai dengan fakta persidangan serta adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dana bansos Pemprov Sulsel pada 2008 yang telah merugikan negara sebesar Rp8,8 miliar dari total anggaran Rp151 miliar.

Selain itu, terdakwa yang juga Bendahara Pengeluaran dan Pengelola Keuangan Kas Pemprov Sulsel ini diharuskan membayar denda 500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Majelis hakim yakin, terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto pasal 55 ayat (1) KUHP juncto pasal 64 ayat 1 KUHP.

Usai sidang, penasihat hukum terdakwa, Asmaun Abbas, mengatakan pihaknya akan mengajukan banding atas putusan majelis hakim. Sementara Jaksa Grefik, Nurhadi dan Muhammad Yusuf Putra yang sebelumnya juga menuntut dua tahun penjara, menyatakan menerima. (ant)

 Komentar

 Terbaru

News20 April 2024 09:30
Dispora Makassar Gelar Pemuda Fest 2024, Gelorakan Kreatifitas Hingga Beri Edukasi
MAKASSAR – Pemuda Fest 2024 resmi digelar di Makassar. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar. Ratusan orang nampak h...
Pendidikan20 April 2024 08:43
Semangat Kebersamaan, TK Islam Athirah Bukit Baruga Gelar Halal Bi Halal 
MAKASSAR – Semarak silaturahmi terasa di TK Islam Athirah Bukit Baruga hari Jumat 18/4 pasca libur lebaran dengan mengadakan kegiatan Halal Bi H...
Pendidikan19 April 2024 20:15
Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 untuk Mahasiswa Sulsel, Sulbar, Sulteng dan Sultra
MAKASSAR – Melihat presentasi putus kuliah di Indonesia Timur yang semakin tinggi, LAZ Hadji Kalla kembali menghadirkan program pemberian bantua...
News19 April 2024 18:10
Hati-hati! Akun Facebook Catut Nama Wali Kota Makassar Berkedok Donatur
MAKASSAR – Sebuah akun Facebook yang mencatut nama Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto, beredar di Facebook. Akun yang ...