Pangdam XIV/Hasanuddin Pimpin Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden Joko Widodo di Makassar

Pangdam XIV/Hasanuddin Pimpin Pengamanan VVIP Kunjungan Presiden Joko Widodo di Makassar

MAKASSAR–  Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi oleh Ibu Hj. Iriana Joko Widodo meresmikan Gedung Rumah Sakit Kementerian Kesehatan (RS Kemenkes) yang terletak di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), Makassar, Jumat (6/09/2024). Selain itu, Presiden juga meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo di Jalan Perintis Kemerdekaan Km. 11, Kota Makassar.

Acara peresmian tersebut menjadi salah satu rangkaian kunjungan kerja Presiden di Sulawesi Selatan. Kehadiran Presiden disambut dengan antusias oleh masyarakat dan para tenaga kesehatan setempat, yang berharap fasilitas kesehatan ini akan meningkatkan akses layanan medis di wilayah tersebut, khususnya bagi ibu dan anak.

Dalam kegiatan tersebut, Panglima Kodam (Pangdam) XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., yang juga bertindak sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad), memimpin pengamanan VVIP untuk kunjungan Presiden RI. Seluruh rangkaian kegiatan pengamanan yang melibatkan personel gabungan dari berbagai satuan TNI dan Polri berlangsung dengan tertib dan aman.

Menurut Mayjen Bobby, pihaknya telah mengerahkan personel secara maksimal untuk memastikan keamanan Presiden beserta rombongan selama kunjungan kerja di Sulawesi Selatan. “Pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan Presiden berjalan lancar dan terkendali, kami telah melaksanakan tugas dengan baik dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Pangdam XIV/Hasanuddin.

Gedung RS Kemenkes di kawasan CPI Makassar diharapkan menjadi pusat layanan kesehatan unggulan dengan fasilitas modern yang siap melayani masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Sementara itu, Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Wahidin Sudirohusodo akan menjadi pusat rujukan kesehatan ibu dan anak dengan layanan spesialis.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya menekankan pentingnya peningkatan fasilitas kesehatan, terutama di daerah-daerah yang membutuhkan akses layanan yang lebih baik. “Kami berharap dengan diresmikannya gedung-gedung ini, masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih cepat dan lebih baik, khususnya bagi ibu dan anak,” kata Presiden Jokowi.

Seluruh rangkaian kunjungan kerja Presiden di Sulawesi Selatan berlangsung sukses dan mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. (*)