Tim SAR Gabungan Temukan Empat Nelayan yang Sempat Hilang Kontak di Perairan Arawange Barru

Tim SAR Gabungan Temukan Empat Nelayan yang Sempat Hilang Kontak di Perairan Arawange Barru

MAKASSAR – Empat nelayan sempat dinyatakan hilang kontak di perairan Arawange Barru setelah tidak kembali melaut sehari sebelumnya akhirnya ditemukan.

Tim SAR Gabungan berhasil menemukan keempat nelayan dalam kondisi selamat setelah melakukan pencarian pada Senin (7/10/2024) sore.

“Keempat nelayan berhasil ditemukan setelah dilakukan pencarian oleh Tim SAR Gabungan,” ungkap Muhammad Arif Anwar, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Menurutnya, nelayan tersebut sempat berteduh di pulau terdekat semalaman dikarenakan kondisi gelombang yang kurang bersahabat.

“Infonya nelayan tersebut tidak kembali sesuai waktu biasanya dikarenakan belum mendapatkan hasil tangkapan, sehingga mencari ikan hingga menjelang malam. Namun saat akan kembali cuaca kurang bersahabat maka mereka berteduh ke pulau terkecil,” jelas Arif Anwar.

Keempat nelayan ditemukan saat hendak kembali sekitar 5 nautikalmil barat daya dari pantai Lasanroi Barru dan langsung dikawal kembali ke pesisir untuk bertemu keluarganya.

Menutup pelaksanaan operasi, Arif Anwar selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengucap syukur keempat nelayan bisa ditemukan selamat dan menyampaikan terima kasih atas upaya pencarian yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan.

Arif Anwar juga menyampaikan imbauan kepada nelayan agar bisa memantau prediksi cuaca dan perkiraan tinggi gelombang di perairan dari info yang dirilis BMKG.

Hal ini menurutnya bisa membantu nelayan untuk menentukan kapan waktu aman untuk melaut dan segera kembali pulang.

“Kami juga mengimbau agar nelayan kita bisa memiliki alat komunikasi selain alat keselamatan diri di atas kapalnya. Hal ini bertujuan untuk membantu menginfokan kepada keluarga atau pihak berwenang apabila nelayan mengalami kendala saat sedang melaut,” harap Arif Anwar.(***)