Logo Lintasterkini

Polisi Cari Provokator Demo 4 Nopember di Jakarta

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 07 November 2016 01:04

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA – Polisi menetapkan sebelas tersangka terkait pembuat keonaran pasca demo akbar tanggal 4 November 2016. Mereka dengan inisial masing-masing adalah IA, J, WM, AS, MR, ‎MN, DA, SCF, S, M, dan F.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengungkapkan, sebelas tersangka ini melakukan tindak kejahatan di sekitar Penjaringan, Jakarta Utara. Ia menambahkan, kesebelas tersangka yang sudah diamankankan aparat kepolisian ini bukan pelaku anarkis yang membuat ricuh aksi demo di depan Istana Presiden, Jakarta Pusat.

Awi melanjutkan, berdasarkan interogasi yang dilakukan, sebelas orang tersangka mengaku bergerak berdasarkan naluri kriminal masing-masing. Mereka merupakan sekelompok orang yang tidak tergabung dalam gerakan massa Aksi Bela Islam II.

“Kebanyakan mereka ikut-ikutan yang sebelas jadi tersangka ini,” kata Awi saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (6/11/2016).

Meski begitu, Awi menduga, kelompok ini bergerak atas provokasi seseorang. Pihak kepolisian, lanjutnya, masih mencari provokator tersebut. ‎

“Mereka para tersangka sudah sampaikan orang di balik mereka. Nanti kami sampaikan, harap bersabar,” janji Awi.

Sembari mencari provokator tersebut, pihak kepolisian juga tengah melakukan pemberkasan untuk kepentingan pelimpahan tahap pertama ke kejaksaan. Ia mengatakan, fakta-fakta hukum yang dimunculkan dan bukti permulaan sudah cukup untuk melakukan pelimpahan ke kejaksaan.

“Kami akan tentukan dan laksanakan pemberkasan,” tambahnya.

Awi juga membeberkan bahwa dari keterangan sebelas tersangka, pihaknya mengantongi 15 orang yang diduga terlibat dalam tindak pidana kejahatan. Nama ke-15 orang itu, kata Awi, sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kepolisian. (*)

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....