Soal Truk Dalam Kota, Ditlantas Akui Sulit Dituntaskan

Jalan Sultan Alauddin yang paling sering dilewati truk bermuatan berat. Di jalan ini sering terjadi kemacetan akubat truk.

MAKASSAR – Agaknya persoalan operasional truk di dalam Kota Makassar akan terasa sulit dipecahkan. Pasalnya polisi pun angkat tangan dalam penanganannya.

Hal itu diungkapkan Wadirlantas Polda Sulsel AKBP Heru T, yang ditemui belum lama ini. Ia mengaku, persoalan operasional truk adalah tugas semua stakeholder dan bukan hanya kepolisian. Termasuk semua daerah yang berada di sekeliling Kota Makassar harus membantu dalam programnya.

“Namun yang terjadi, tidak semua daerah mendukung hal itu. Padahal, kota Makassar haruslah dicover dengan kebijakan wilayaj di sekitarnya termasuk mengenai operasional truk itu, ” kata Heru.

Jika tidak, sambungnya, mustahil persoalan truk bisa segera dipecahkan. Setiap hari truk akan tetap beroperasi dan menimbulkan kemacetan di jalan.

“Harusnya kita mencontoh Jakarta. Walaupun di tol, ada aturan operasional truk sehingga tidak menyebabkan kemacetan,” ungkapnya. (Er)