Logo Lintasterkini

5 Pengalaman Terbaik Saat Berlibur di Langkawi, Malaysia

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Sabtu, 07 Desember 2019 18:08

Langkawi, Malaysia. (Traveloka)
Langkawi, Malaysia. (Traveloka)

Langkawi adalah kepulauan yang terdiri dari 99 pulau di lepas pesisir barat Semenanju Melayu, dan merupakan satu-satunya geopark bersertidikasi UNESCO di Asia Tenggara. Destinasi ini juga kerap disebut sebagai permata hijau Malaysia, yang layanan wisatanya semakin beragam dan berkelas, namun tetap memperhatikan unsur asri yang menjadi ciri khasnya sejak lama.

Ada banyak resor di destinasi ini, mulai dari yang tipe keluarga dengan harga kompetitif hingga barisan tetirah mewah berkelas dunia, yang menawarkan pengalaman menginap layaknya raja dan ratu.

Bahkan dalam novel fenomenal Crazy Rich Asians karya Kevin Kwan, Langkawi kerap diasosiasikan sebagai tempat persembunyian para orang super kaya Singapura dari kesibukan bisnis yang membuat pening kepala. Tidak berlebihan fragmen tersebut, karena memang kepulauan ini menawarkan kedamaian yang unik, berbeda dengan Phuket dan Bali yang semarak.

Untuk menuju Langkawi, tersedia banyak sekali penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia, yang dilayani oleh sederet maskapai berkualitas, Untuk itu, kamu perlu cek harga tiket pesawat ke Malaysia untuk mendapatkan berbagai promo menarik dan layanan akomodasi terbaik. Jika kamu sudah siap untuk menjelajah lebih jauh Langkawi, berikut adalah tujuh destinasi yang wajib dikunjungi. Selamat berpetualang!

1. Pantai Luar Biasa

Kata Langkawi konon berasal dari bahasa Melayu, yang berarti surga tropis, di mana tentunya memiliki pantai-pantai indah untuk mendukung nama itu. Hamparan luas pasir putih yang subur di Tanjung Rhu adalah tempat yang ideal untuk berenang, dengan latar belakang tebing terjal hutan hujan yang indah.

Teluk Datai juga dikenal karena keindahan pemandangannya, meskipun terhalang beberapa titik fasilitas pantai eksklusif untuk tamu di dua hotel bintang lima yang menghadap ke teluk. Lain lagi dengan Pantai Kok yang berlokasi sedikit lebih ke utara, di mana kerap disebut sebagai pemilik latar belakang terbaik dalam bentuk spektakuler dari Machincang Cambrian Geoforest Park.

2. Dunia Bawah Laut

Snorkeller dan penyelam dapat memperoleh akses ke dunia bawah laut yang menakjubkan dari Langkawi. Tur kapal yang menyediakan peralatan snorkeling berangkat dari marina Kuah ke titik terumbu karang asli di bawah perairan sebening kristal. Pusat penyelaman terakreditasi PADI Langkawi Scuba di Cenang melakukan perjalanan keluar untuk menyelam di Taman Laut Pulau Payar, kawasan lindung tertua di kawasan itu, di mana disebut memiliki keanekaragaman hayati terkaya dan karang lunak berwarna-warni di pesisir barat Malaysia.

Pulau-pulau hijau yang tak berpenghuni di taman nasional Payar, Segantang, Lembu dan Kaca –berjarak sekitar 30 kilometer tenggara Langkawi– merupakan tempat-tempat selam terbaik karena berada di sebaran sistem terumbu yang menyusuri selatan, timur dan barat pulau Payar. Aneka hewa laut yang sering terlihat adalah fusilier, jack, hiu karang hitam, barakuda, kerapu, damselfish, lionfish, lobster, dan belut moray.

3. Hotel dan Resor Terbaik

Ada sekitar 200 hotel dan resor di Langkawi, mulai dari yang berbentuk budget inn hingga butik spa bintang lima, dengan sebagian besar terkonsentrasi di Pantai Cenang. Spa dan hotel mewah yang megah termasuk Datai Langkawi dengan Mandara Spa dan Andaman dengan spa treetop yang menghadap ke laut. Kedua resor bintang lima itu tersembunyi di antara pepohonan rindang di atas pasir Datai Bay yang putih berkilau.

Four Seasons Langkawi Resort menawarkan Geo Spa yang cantik di dalam hutan dengan kolam renang di bawah tebing. Resor itu sendiri telah mengantongi salah satu tempat paling menakjubkan di Langkawi, di samping pantai Tanjung Rhu yang indah dengan traktat hutan hujan kuno yang menutupi bukit-bukit sekitarnya.

4. Sky Cab Langkawi

Kereta Kabel Langkawi adalah salah satu atraksi utama di pulau Langkawi. Terletak di Oriental Village, sarana trasportasi ini menyediakan akses udara ke puncak Gunung Machinchang yang juga merupakan lokasi Jembatan Langit Langkawi.

Pemandangan di puncak gunung dan teluk benar-benar sepadan, membuat siapapun betah berlama-lama menikamtinya. Bagi mereka yang bukan penyuka ketinggian, kereta gantung dan jembatan langit membuat pengalaman berkesan, karena memberikan banyak kesempatan berfoto dengan beragam momen sempurna.

5. Populasi Elang

Sebuah pemandangan langka di tempat lain, elang sangat umum di Langkawi, di mana puncak hijau yang lebat dan hutan bakau yang kaya adalah habitat yang sempurna bagi mereka. Elang coklat kemerahan yang dikenal sebagai layang-layang brahmana telah menjadi lambang pulau, dan elang laut putih yang lebih besar juga merupakan hal yang biasa.

Hampir 1.000 ekor elang liar diketahui kerap mencari makan di Sungai Kilim di Kilim Geopark dan di Singa Besar di selatan pulau utama. Operator lokal menjalankan perahu khusus untuk menyaksikan pemberian makan elang yang epik.

 

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 23:55
Kasus Covid-19 Sudah Menurun, Kini Masuk ke Sulsel Cukup dengan Tes Usap
MAKASSAR– Memasuki wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kini tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes swab PCR. Cukup dengan menunjukkan has...
Hukum & Kriminal16 Oktober 2021 23:50
Parah! Calon Kepala Desa Petahana di Jeneponto Diduga Pakai Ijazah Palsu
JENEPONTO– Seorang pria berinisial RT yang mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa Pappalluang, Kabupaten Jeneponto diduga memakai ijazah pal...
News16 Oktober 2021 23:22
Pengunjung Warkop di Parepare Jatuh dari Kursi Lalu Meninggal Dunia usai Minum Es Kopi
PAREPARE– Pengunjung Warung Kopi (Warkop) yang terletak di Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare dikejut...
News16 Oktober 2021 23:03
Puting Beliung Terjang Pinrang, 17 Rumah Rusak dan 1 Kubah Masjid Terbang
PINRANG – Warga Desa Leppangang sore tadi, dibuat panik akibat bencana anging puting beliung, tepatnya di Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinran...