Logo Lintasterkini

Pasangan Anda Psikopat? Kenali Ciri-cirinya

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 08 Maret 2020 19:15

ilustrasi
ilustrasi

Apakah pasangan anda suka marah dan melakukan tindakan kasar? Jangan-jangan dia memiliki sifat psikopat.

Berhati-hatilah jika kalian memiliki pasangan seperti itu. Sebab, bukan tidak mungkin tindakan kasar yang berlebihan akan kalian alami terus menerus.

Dikutip dari womantalk.com, berikut kenali ciri-ciri orang dengan sifat psikopat:

1. Berusaha menguasai Anda
Pernah merasa pasangan Anda bersikap berlebihan? Sikap posesif dirinya seakan berlebihan dan di luar dari batas wajar. Seakan-akan Anda ingin benar-benar dikuasai. Adakalanya ia berusaha mengekang, mengontrol, melarang kegiatan apapun yang ingin Anda lakukan. Dengan kata lain kehidupan Anda seolah dipegang kendalinya, sehingga apapun yang ia mau harus diikuti.

2. Tidak memberi kesempatan berpendapat
Setiap orang berhak punya kesempatan untuk berpendapat, tapi kalau Anda tidak mendapatkan ini berarti hak Anda sudah diambil. Pasangan yang menghargai Anda seharusnya memberikan Anda kesempatan untuk memilih, berbicara atau berpendapat. Dalam hubungan keduanya punya porsi yang seimbang, jangan sampai ada yang dominan.

3. Sering menjatuhkan harga diri Anda
“Dasar bodoh! Kamu itu beruntung punya aku. Siapa lagi orang lain yang mau sama kamu?” Kalau kata-kata ini sering banget diucapkan sama pasangan Anda, berarti hubungan tersebut tidak sehat. Apalagi kalau ia sering menyudutkan atau menjatuhkan harga diri Anda di depan orang banyak.

4. Hubungan tidak stabil
Kalau Anda perhatikan, pasangan bisa saja menjadi orang yang tidak diinginkan karena penuh dengan emosi atau melakukan sesuatu yang tidak pantas untuk Anda. Terkadang ia juga bisa baik ke Anda, seakan-akan dirinya tidak bisa hidup tanpa Anda. Meski begitu, sikap buruknya kembali muncul sewaktu-waktu sehingga hubungan itu jadi tidak stabil. Di titik inilah Anda bisa menjadi sangat bingung dan merasa dirinya bukan terbaik untuk Anda.

5. Sering menyalahkan Anda
Psikopat selalu merasa dirinya benar. Dia akan marah jika ada orang lain yang menyalahkan dirinya. Tak jarang ia sering menyalahkan Anda dengan segala permasalahan yang sedang dialami, seakan-akan dirinya yang menjadi korban. Contoh sederhanaya ketika ketahuan selingkuh, dia tidak mau mengakuinya dan justru menyalahkan orang lain.

6. Mencari orang untuk disalahkan
Siapa, sih, orang yang enggak pernah salah? Pasti semua orang pernah melakukan kesalahan, tapi psikopat terkadang tidak mau disalahkan. Ia selalu merasa benar dan akan marah jika ada orang lain yang mengatakan dirinya salah. Karena tidak mau disalahkan, ia cenderung mencari orang lain yang mudah untuk disalahkan agar terbebas dari segala tudingan.

7. Bersikap manipulatif dan sering bohong
Bohong, bohong, dan terus bohong ini sudah menjadi kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan dari seorang psikopat. Sering bohong dan bersikap manipulatif bisa menjadi ciri kalau pasangan Anda psikopat. lho.

Pasangan Anda sering seperti ini, tidak?

Penulis : Renaldi

 Komentar

 Terbaru

Politik03 Mei 2024 13:21
KPU Pinrang Tetapkan 40 Caleg Terpilih Hasil Pemilu 2024
PINRANG  —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pinrang menetapkan 40 Calon Legislatif (Caleg) terpilih hasil Pemilu 2204 yang nantinya akan...
Pemerintahan03 Mei 2024 12:53
Hadir di Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Berikan Semangat ke Kontingen Gowa
GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni menghadiri Pembukaan MTQ XXXIII Tingkat Provinsi Sulaw...
News03 Mei 2024 11:53
Perumda Pasar Makassar-Kejari Teken Perpanjangan MoU Terkait Perkara Data dan Tata Usaha Negara
MAKASSAR – Perumda Pasar Makassar Raya (Karya) kembali menggelar penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) dengan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) K...
News03 Mei 2024 11:24
Polisi Sidrap Bersiap Evakuasi Korban Banjir di Wilayah Terdampak
SIDRAP, – Sebagai respons cepat terhadap banjir yang melanda wilayah Sidrap, Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah. S.I.K.,MH melalui Kepala Bagian Operas...