Logo Lintasterkini

6 Masalah Kesehatan yang Perlu Diperhatikan Wanita

Isman
Isman

Kamis, 08 April 2021 07:31

Ilustrasi
Ilustrasi

LINTASTERKINI.COM — Wanita lebih mungkin mengalami penyakit tertentu dibanding pria dalam beberapa kasus. Namun, tidak semua mengenali penyakit yang sedang diidapnya.

Kurangnya pemahaman tentang isu kesehatan terkadang membuat hal itu dialami. Wanita terkesan membiarkan hingga penyakit itu terus berada di tubuhnya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui wanita tentang masalah kesehatan agar bisa mendeteksi sedini mungkin apa pun jenis penyakitnya. Sehingga bisa segera ditangani dan tidak berakibat fatal.

Dikutip dari Indian Express, berikut 6 masalah kesehatan yang bisa dialami oleh para wanita.

1. Endometriosis

Endometriosis merupakan kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim. Misalnya, di ovarium, kandung kemih, dan rektum.

Hal ini menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa ketika wanita sedang menstruasi dan berhubungan seks. Jika tak segera ditangani, endometriosis dapat menyebabkan infertilitas atau gangguan kesuburan.

2. Fibroid

Fibroid merupakan tumor jinak yang paling umum terjadi pada wanita hamil. Meski pertumbuhannya sangat lambat, tetapi bila tak segera ditangani dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Fibroid dapat memicu rasa nyeri yang berlebih pada saat menstruasi. Selain itu, fibroid juga bisa menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti keguguran dan bayi lahir prematur.

3. Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual (IMS) dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, virus, dan parasit yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Sangat penting untuk mengobati infeksi ini sedini mungkin.

Sejumlah penyakit IMS yang bisa terjadi pada wanita adalah gonore, limfogranuloma venereum (LGV), kondiloma akuminata, dan human immunodeficiency virus (HIV).

4. Infeksi saluran kemih

Dibandingkan pria, infeksi saluran kemih (ISK) lebih sering terjadi pada wanita. Infeksi ini dapat menyebabkan peningkatan frekuensi buang air kecil. Sensasi yang dirasakan pun seperti terbakar atau panas saat buang air kecil.

Dalam beberapa kasus, ISK dapat menyebabkan nyeri perut di bagian bawah, demam, dan kencing berdarah.

5. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang umum terjadi pada wanita di usia subur. Sejumlah tanda dari PCOS di antaranya adalah siklus menstruasi tidak teratur dan tumbuhnya rambut secara berlebih di area wajah dan dada.

6. Menopause

Setiap wanita akan mengalami menopause ketika berusia 40-50 tahun ke atas. Gejala yang dialami pun bisa berbeda-beda pada setiap wanita.

Seorang wanita dapat didiagnosis mengalami menopause ketika sudah melewati 12 bulan tanpa menstruasi. Namun, tak perlu khawatir karena ini adalah hal yang normal terjadi pada wanita.(*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....