Logo Lintasterkini

Makanan Sehat untuk Sahur di Bulan Ramadan: Hindari Gula dan Lemak Jenuh

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 08 April 2023 10:14

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Menu sahur saat Ramadan harus dipilih dengan hati-hati karena harus memberikan energi dan nutrisi yang cukup untuk tubuh selama seharian berpuasa. Berikut adalah beberapa menu sahur yang baik untuk dikonsumsi saat Ramadan:

1. Nasi merah dengan lauk protein
Nasi merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membantu memberikan energi tahan lama. Padukan dengan lauk protein seperti ayam, ikan, atau tempe untuk memberikan tambahan nutrisi seperti protein dan zat besi.

2. Telur rebus dengan sayur-sayuran
Telur rebus adalah sumber protein yang sangat baik dan sayur-sayuran, seperti brokoli, kubis, atau wortel memberikan tambahan serat dan vitamin. Gabungkan dengan roti gandum untuk memberikan tambahan karbohidrat.

3. Smoothie buah-buahan dan yogurt
Smoothie buah-buahan dengan tambahan yogurt memberikan tambahan kalsium dan protein. Tambahkan buah-buahan yang kaya akan serat seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk memberikan tambahan nutrisi dan memberikan rasa yang segar.

4. Sup sayur-sayuran
Sup sayur-sayuran, seperti sup kacang hijau atau sup labu kuning, memberikan tambahan serat, vitamin, dan mineral yang penting. Padukan dengan nasi atau roti gandum untuk memberikan tambahan karbohidrat.

Tips untuk menu sahur saat Ramadan adalah menghindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat membuat tubuh cepat merasa lapar.

Konsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin yang cukup agar tubuh tetap sehat dan bertenaga selama berpuasa. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan16 April 2024 10:44
Danny Pomanto Ajak KBA SMPN 5 Makassar Ambil Bagian dalam Menunjang Keberadaan IKN
MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto ikut meramaikan Halal Bihalal Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar, di Hotel Claro, Sen...
Nasional16 April 2024 09:55
Ternyata Ini Penyebab Bentrokan TNI AL dan Brimob di Sorong
SORONG – Masalah pribadi dianggap sebagai pemicu bentrokan yang terjadi antara prajurit TNI AL dan Brimob Polri di Pelabuhan Sorong Papua Barat,...
News16 April 2024 09:12
Apel Perdana Pasca Lebaran, Wakapolres Sidrap: Tingkatkan Semangat Kerja
SIDRAP – Pagi ini, di halaman Markas Kepolisian Resor Sidrap, Wakapolres Kompol Ahmad Rosma. SH memimpin apel pertama hari kerja pasca lebaran. ...
News16 April 2024 08:15
Dinkes Sulsel Kirim Makanan dan Obat-obatan untuk Korban Longsor Tana Toraja
TANA TORAJA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel telah mengirimkan bantuan bagi korban tanah longsor di Kabupaten Tana Toraja. Bantuan yang dikirim...