Logo Lintasterkini

Larang Salat Id di Karebosi, Ini Klarifikasi Danny Pomanto

Budi S
Budi S

Sabtu, 08 Mei 2021 00:19

Larang Salat Id di Karebosi, Ini Klarifikasi Danny Pomanto

MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto memberi klarifikasi soal larangan salat Idul Fitri 1442 Hijriah di Lapangan Karebosi.

Menurutnya, Pemkot Makassar tidak ingin terjadi konsentrasi massa dalam jumlah besar saat salat id berlangsung nanti. Sehingga, itu menjadi alasan kenapa salat Id tidak diperbolehkan dilaksanakan di Lapangan Karebosi.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

“Pemkot Makassar tidak ingin konsentrasi besar seperti di Karebosi,” kata Danny Pomanto menjelaskan, Jumat (07/05/2021).

“Sehingga kita tidak memakai Karebosi. Karena bisa berpotensi kerumunan,” lanjutnya.

Dia juga bilang, kebijakan Pemkot Makassar ini sudah sejalan dengan anjuran Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Sebagaimana dianjurkan agar pelaksanaan Salat Id dilakukan di ruang terbuka. Yakni di lapangan dan ruas jalan.

Akan tetapi, ruang terbuka yang dimaksud berbasis wilayah Rukun Warga (RW).

“Kebijakan pemerintah kota melalui rakor bersama yang pertama adalah pemerintah kota ingin menyebarkan konsentrasi salat id di kota Makassar dengan titik-titik di basis RT-RW,” tuturnya.

“Dan kita berharap kita menganjurkan, agar di setiap RT-RW salat ied diselenggarakan di ruang terbuka, baik itu di lapangan maupun di jalanan. Kalau ada yang ingin membuka masjid, silahkan tapi pemkot menganjurkan konsentrasi di lapangan maupun di jalan yang terbik di RT-RW masing-masing,” kata Danny Pomanto menambahkan.

Dia pun berharap, kebijakan itu dapat diterima oleh masyarakat. Sebab, lokasi pelaksanaan Salat id berbasi RW dianggap sebagai solusi untuk mendeteksi penyebaran covid-19.

“Insya Allah kita laksanakan (salat Id) dengan khusyuh sesuai sunnah dan dilanjutkan dengan Halalbihalal. Sehingga tuntas pada hari itu dengan protokol kesehatan yang ketat,” tutupnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Advetorial15 Juni 2021 16:32
Pengumuman: Kantor PD BPR KMUP Pindah dari Jalan Gunung Bawakaraeng ke Pusat Niaga Daya
MAKASSAR — Kantor PD Bank Perkreditan Rakyat (BPR) KMUP kini berpindah ke Pusat Niaga Daya Blok F 5 B/10. Dari sebelumnya berada di Jalan Gunung Baw...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 16:04
Pelaku Pembunuhan dan Pembakaran Pria di Maros Diduga Sindikat Penjualan Anak di Bawah Umur
MAROS– Jajaran Polres Maros diback up Resmob Polda Sulsel akhirnya berhasil menangkap dua pelaku pembunuhan dan pembakaran mayat di Bukit Kemi...
News15 Juni 2021 15:15
Viral Pegawai Masak BBQ di Kantor Kecamatan, Camat Rappocini Makassar: Itu Jam Istirahat
MAKASSAR — Sebuah foto yang menampilkan pegawai sedang memasak BBQ di Kantor Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, viral di media sosial (medsos). Dal...
Hukum & Kriminal15 Juni 2021 15:07
Kasus Mayat Dibakar di Maros, Resmob Polda Sulsel Amankan Dua Terduga Pelaku
MAROS–Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel akhirnya menangkap dua pelaku pembunuhan pria yang mayatnya ditemukan hangus terbakar di Kabupaten Maros ...