Logo Lintasterkini

Cagub PD Ilham Arif Kritik Kegagalan Gubernur Incumbent Sulsel Syahrul Limpo

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 08 September 2012 00:39

Suasana deklarasi partai pendukung Ilham-Azis
Suasana deklarasi partai pendukung Ilham-Azis

Suasana deklarasi partai pendukung Ilham-Azis

MAKASSAR – Partai Demokrat bersama 20 partai lainnya mendeklarasikan pasangan Ilham Arif Sirajuddin dan Aziz Qahar Mudzakkar untuk maju dalam Pilgub Sulawesi Selatan. Dalam orasi politiknya Ilham Arif mengkritik keras kepemimpinan Gubernur incumbent Syahrul Yasin Limpo.

Ilham yang merupakan mantan Ketua DPD Golkar Sulsel sebelum menjabat Ketua DPD Demokrat Sulsel ini mengkritisi kepemimpinan Gubernur Incumbent Syahrul Yasin Limpo dari Partai Golkar yang tidak berhasil mengangkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). IPM warga Sulsel masih berada di peringkat 19 dari 33 propinsi di Indonesia.

Selain itu, ia juga mengkritik pola-pola militeristik gaya kepemimpinan Syahrul dan wakilnya Agus Arifin Nu’mang yang dinilai lamban dalam menjalankan roda pemerintahan di Sulsel.

“Apalah gunanya jika pertumbuhan ekonomi Sulsel berada di atas rata-rata tapi indeks pembangunan manusia di Sulsel masih di posisi rendah, demikian juga peringkat daerah terkorup yang masih melekat pada nama Sulsel. Pasangan kami adalah pasangan complimentary yang saling melengkapi dan akan membawa perubahan bagi rakyat Sulsel,” ujar Ilham di atas podium sambil membaca teleprompter di lapangan Karebosi, Makassar, jumat (7/9/2012).

Pasangan Ilham, Aziz Qahar Mudzakkar yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulsel ikut berorasi dalam kesempatan itu. Aziz menjanjikan di era kepemimpinannya kelak ia akan membuat Peraturan Daerah tentang transparansi pengelolaan pemerintahan daerah, dengan semangat clean governance.

“Saya sudah tidak tahan ingin duduk menjadi wakil gubernur agar bisa cepat-cepat merealisasikan terciptanya good governance di Sulsel dan transparansi pemerintahan yang bisa diakses oleh siapa pun,” ujar Aziz, putra pimpinan DI/TII di Sulsel, Qahar Mudzakar.

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan sekjen-nya, Edi Baskoro Yudhoyono alias Ibas menghadiri deklarasi tersebut. Anas yang ditemui wartawan usai deklarasi jagoannya enggan memberikan komentar. Sesaat setelah deklarasi tuntas, Anas memilih cepat-cepat naik ke bus rombongannya dengan dikawal kader Demokrat dan anggota Laskar Merah Putih.

Selain Anas dan Ibas, beberapa petinggi PD lainnya juga turut hadir, seperti anggota Dewan Pembina PD dan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Ketua Fraksi PD di MPR RI Jafar Hafsah, Menteri Koperasi Syarif Hasan dan Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi PD Andi Nurpati, serta beberapa anggota DPR RI dari Fraksi PD yang berasal dari Sulsel seperti Andi Timo Pangeran dan Reza Ali. Selain dihibur oleh artis-artis lokal, deklarasi pasangan cagub dan cawagub yang mengusung tagline “Semangat Baru” ini ditutup dengan aksi panggung penyanyi senior, Dewi Yull.

Dalam Pilkada Gubernur Sulsel yang dijadwalkan akan digelar pada 23 Januari 2013 mendatang, pasangan Ilham-Aziz diusung 20 partai, di antaranya PD, PKS, Hanura, PDS, Partai Buruh dan PBB. Pasangan ini akan menantang pasangan petahana Syahrul Yasin Limpo yang tetap mempertahankan wakilnya Agus Arifin Nu’mang yang diusung oleh Partai Golkar bersama PDIP, PDK dan PPP dan PAN. Selain kedua pasangan cagub ini, partai Gerindra juga berencana mendaftarkan calonnya, yakni Rudianto Asapa yang saat ini masih menjabat Bupati Sinjai dan berpasangan dengan mantan Bupati Pinrang, Andi Nawir. (dtc)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...