Logo Lintasterkini

7 Mahaguru Dimas Kanjeng Ditangkap

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Selasa, 08 November 2016 08:57

Mahaguru Dimas Kanjeng Taat Pribadi ditangkap.
Mahaguru Dimas Kanjeng Taat Pribadi ditangkap.

SURABAYA – Modus penipuan yang dilancarkan Dimas Kanjeng Taat Pribadi untuk mengelabui para pengikutnya sangat luar biasa. Taat rela merekrut tujuh mahaguru dari berbagai macam latar belakang, lalu disulap seperti seorang kiai atau ulama.

Rupanya ketujuh mahaguru tersebut merupakan kuli bangunan, penjual kopi, pengangguran dan ada yang gelandangan. Mereka direkrut tersangka Karmawi sebagai koordinator mahaguru di Padepokan Dimas Kanjeng.

Karmawi sendiri berjalan atas perintah tersangka VJ yang merupakan EO di Padepokan Dimas Kanjeng. Setiap Dimas Kanjeng mengadakan kegiatan, ketujuh mahaguru tersebut dihadirkan dan duduk disamping kanan kiri Taat Pribadi.

“Jadi modusnya sangat luar biasa. Apakah dengan penangkapan ketujuh mahaguru yang hanya abal-abal ini pengikutnya masih percaya jika Taat Pribadi sangat diagungkan,” terang Kabid Humas Polda Jatim, Kombes RP Argo Yuwono, Senin (7/11/2016).

Menurut Argo, ketujuh mahaguru yang direkrut Taat Pribadi beragam latarbelakang itu diberi pakaian jubah warna hitam dan sorban hitam serta tasbih.

“Sementara ini, masih Taat Pribadi yang berperan sebagai pengatur VJ, yang bertindak sebagai pengatur acara (EO). Tunggu saja sampai penyidikan selesai,” tukas Argo.

Salah satu mahaguru, Abdul Karim (77) alias Abah Sulaiman Agung asal Jakarta mengaku, dirinya tidak tahu soal penipuan yang dilakukan Taat Pribadi. Dia hanya diajak untuk mengikuti acara dengan memakai jubah hitam.

“Saya pernah diajak ke Makassar, Probolinggo dan Jakarta oleh Karmawi. Saya hanya duduk saja mendampingi Dimas Kanjeng Taat Pribadi saat menemui pengikutnya. Terkadang disuruh membaca doa agar selamat,” ucap Karim.

Sebelum diajak oleh Karmawi menjadi mahaguru, ia bekerja sebagai kuli bangunan. Namun, lima tahun belakangan sudah tidak bekerja sebagai kuli bangunan karena tidak kuat. Selama mengikuti kegiatan Taat Pribadi, total uang yang berhasil didapat sekira Rp20 juta. (*)Mahaguru Kanjeng Dimas yang ditangkap

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal29 Juli 2021 17:33
Diduga Gegara Dendam, Seorang Warga Maroneng Pinrang Tewas Ditebas Parang
Gegara Dendam,Seorang Warga Maroneng Pinrang,Tewas,Ditebas Parang PINRANG –La Saleng, warga Desa Marineng Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang ...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 16:01
Saksi Sebut NA Tak Terlibat di Bantuan Dana CSR Masjid
"Selesai peletakan batu pertama, Saya makan siang bersama. Pak Petrus sampaikan bahwa dia sumbangkan Rp100 juta untuk masjid, Saya spontan bilang saya...
News29 Juli 2021 13:54
Gerakan Peduli PKL, Ditlantas Polda Sulsel Borong Dagangan dengan Harga 10 Kali Lipat
Aksi kepedulian ini di motori Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP M Yusuf Usman setelah mendapat instruksi langsung dari Dirlantas Polda Sul...
News29 Juli 2021 11:28
Mantap! Rahmat Erwin Abdullah Lifter Asal Makassar Ukir Rekor di Olimpiade Tokyo 2020
TOKYO– Lifter Indonesia asal Makassar, Rahmat Erwin Abdullah menorehkan pencapaian yang membanggakan, ia berhasil mengukir rekor di Olimpiade To...