Logo Lintasterkini

Berontak dan Berusaha Kabur, Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten Ditembak

Maulana Karim
Maulana Karim

Selasa, 09 Maret 2021 18:01

Berontak dan Berusaha Kabur, Pelaku Curanmor Lintas Kabupaten Ditembak

BARRU – Anggota Resmob Polres Barru kembali lagi berhasil mengungkap dan meringkus 4 pelaku yang kerap melakukan pencurian sepeda motor di Barru tepatnya, di Wilayah hukum Polsek Tanete Rilau. Para pelaku diringkus di Kabupaten Pangkep, Minggu 07 Maret 2021.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Lintasterkini.com, anggota Resmob Polres Barru yang dipimpin Aipda Kasim mengatakan bahwa saat penangkapan pihaknya dibackup oleh Resmob Polres Pangkep berhasil mengamankan 4 pelaku curanmor yang merupakan DPO Polres Barru. Dari penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan 3 unit sepeda motor hasil kejahatan para pelaku tersebut.

Kendati demikian, ke empat pelaku tersebut masing-masing berinisial R (19), AA (15), MY (16) semuanya beralamat di Desa Alesipitto Kecamatan Marang. Sedangkan R beralamat di Kelurahan Bonto Matenne, Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep.

Kanit Resmob Polres Barru, Aipda Kasim yang dikonfirmasi mengatakan bahwa, awalnya Anggota Resmob berhasil mengamankan R, dari hasil interogasi tersebut menyebutkan bahwa saat melakukan aksinya ia tidak sendiri.

“Saat di intorgasi sih R mengatakan kalau setiap beraksi sama dengan AA, MY dan RA, sesusai pengakuan pelaku bahwa ketiganya sedang berada di Kabupaten Pangkep, Kami pun langsung membawa sih R menuju ke Pangkep guna melakukan pengembangan,” ungkapnya.

Alhasil setibanya di Kabupaten Pangkep, anggota Resmob Polres Barru yang dibackup Resmob Polres Pangkep berhasil meringkus ketiga pelaku tersebut.

“Ketiganya berhasil kami amankan dilokasi yang berbeda-beda bersama dengan barang buktinya,” terangnya.

Selain itu diketahui, para pelaku pun langsung dibawa ke Posko Resmob Polres Pangkep untuk diintrogasi lebih lanjut.

Namun sayangnya, setibanya di Posko Resmob Polres Pangkep saat anggota sedang berusaha mengurus barang bukti pelaku. Salah satu pelaku yakni, R memberontak lalu melarikan diri. Petugas pun langsung membuang tembakan peringatan sebanyak tiga kali.

Alih-alih petugas yang berharap pelaku R yang mendengar tembakan peringatan tersebut berhenti untuk berlari. Ternyata, Pelaku R tidak jua mengindahkan tembakan peringatan dari petugas tersebut.

Petugas yang tidak ingin kehilangan R akhrinya dengan sangat terpaksa memberikan tindakan tegas terukur yaitu dengan mengarahkan langsung ke kaki pelaku. Seketika itu, R pun terjatuh dan langkah kakinya yang berusaha kabur itu terhenti.

Kasat Reskrim Polres Barru, AKP Alimuddin yang dikonfirmasi mengatakan bahwa saat R terjatuh petugas pun dengan sigap membawa pelaku kerumah sakit guna mendapatkan perawatan medis.

“Saat R terjatuh petugas pun langsung membawa R kerumah sakit, setibanya R sempat mendapatkan perawatan medis akibat luka tembak di kakinya dengan dibersihkan. Tapi, tiba-tiba pihak rumah sakit menyatakan bahwa pelaku R meninggal dunia,” Ujar AKP Alimuddin.

Untuk diketahui, pelaku R diperkirakan banyak mengeluarkan darah akibat luka tembak yang ia alami, di kaki kanan dan kiri. Selain itu, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun bahwa jarak lokasi R diberikan tindakan tegas terukur dari kerumah sakit saat itu lumayan jauh.

Sementara itu Waka Polres Barru, Kompol Edy Sumantri mengatakan bahwa insiden kematian R tidak ada unsur kesengajaan karena tindakan tegas petugas saat pelaku R berusaha kabur bersarang di kedua kaki pelaku.

“Jadi saat dini hari tersebut pelaku yang dinyatakan meninggal dunia oleh pihak rumah sakit. Anggota resmob Polres Barru membawa jenasah korban kerumah duka, dan menurut pihak keluarga pelaku telah kerap diperingati untuk berhenti melakukan pencurian sepeda motor,” Tegas Kompol Edy Sumantri.

Dari keterangan para pelaku bahwa ia melakukan aksinya sejak tahun 2020 di Kabupaten Barru dan 3 kali di Kabupaten Pangkep dan 9 kali melakukan aksi pencurian di Kabupaten Barru.

Dari Penangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti Sepeda motor Honda Sonic DD 3638 DW, sepeda motor Yamaha Vino DP 2584 BK dan sepeda motor MX King warna abu-abu. Ketiga pelaku dan barang bukti saat ini diamankan di Polres Barru guna proses hukum lebih lanjut.(*)

 Komentar

 Terbaru

Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Wisata dan Budaya22 April 2021 04:23
Miniatur F8 Bakal Sambut Muhibah Budaya dan Festival Rempah 2021
Danny Pomanto mengapresiasi dan mendukung rencana festival pelayaran tersebut....
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Ramadhan22 April 2021 03:39
5 Pasangan Bukan Pasutri Kepergok Pesta Miras di Gowa
Tim UKL 02 telah mengamankan lima pasangan pria dan wanita di salah satu indekos di wilayah Kecamatan Somba Opu....
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
News22 April 2021 03:35
Danny Maknai Hari Kartini Teladan Emansipasi Wanita Masa Kini
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto menyampaikan harapannya pada peringatan Hari Kartini, Rabu (21/04/2021)....
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
News22 April 2021 00:38
Di Hari Kartini, Kapolsek Parangloe Berbagi Sembako ke Warga
Tidak hanya menyasar keluarga prasejahtera, bantuan bingkisan sembako itu juga diberikan kepada marbot Masjid....