Logo Lintasterkini

Jalan di Desa Mesakada Pinrang Terbelah 100 Meter Akibat Longsor

Budi S
Budi S

Selasa, 09 Maret 2021 15:50

Kondisi Tanah Longsor di Pinrang
Kondisi Tanah Longsor di Pinrang

PINRANG – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Pinrang memberi dampak. Terjadi bencana tanah longsor. Mengakibatkan kerusakan infrastruktur jalan.

Seperti yang terjadi di Desa Mesakada. Jalan poros di Kampung Bakka, Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang itu terbelah. Panjangnya kurang lebih 100 meter.

Warga di wilayah pegunungan itu, berharap agar pemerintah segera bertindak. Begitu yang disampaikan kepala desa setempat kepada Kapolsek Lembang, AKP Gatot Yani, Selasa (09/03/2021).

Dalam keterangannya, AKP Gatot bilang, bencana tanah longsor itu disebabkan cuaca ekstrem. Curah hujan sangat tinggi dua hari belakangan ini.

“Tanah tidak bisa menahan derasnya aliran air hujan. Sehingga terjadi longsor,” kata polisi berpangkat tiga balok ini.

Kendati demikian, akses jalan tersebut masih dapat dilalui kendaraan roda dua atau motor. Bencana alam ini juga menumbangkan satu tiang listrik di lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Pemerintah desa dan kecamatan setempat, saat ini sedang berkoordinasi untuk menangani musibah tersebut.

“Tidak menutup kemungkinan masih adanya longsor di tempat lain daerah pegunungan di Kecamatan Lembang. Perkembangan tengah kita pantau,” tutup AKP Gatot.

Sulsel Diprakirakan Alami Cuaca Ekstrem dan Berpotensi Banjir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa daerah akan mengalami cuaca esktrem. Hujan deras disertai angin kencang, petir dan kilat.

Salah satu daerah disebut adalah Sulsel. Juga DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Selatan. Lalu, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Termasuk juga Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Menurut peringatan din BMKG, sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Pasifik, Utara Papua, membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang di Papua Barat. Yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Jawa Barat bagian selatan hingga Jawa Tengah. Kemudian dari Kalimantan Tengah bagian utara hingga Kalimantan Timur bagian tengah. Serta di Papua bagian tengah.

Selain itu, terdapat pula probabilistik lebih dari 60 persen untuk curah hujan melebihi 50 milimeter (mm). Akan terjadi di daerah Jawa Timur dan Sulsel.

BMKG juga memperingatkan terdapat beberapa daerah yang berpotensi mengalami banjir dalam periode hari ini (Selasa) sampai 10 Maret 2021, dengan daerah masuk kategori waspada. Yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Waspada banjir juga berlaku untuk Nusa Tenggara Timur, Sulsel dan Sulawesi Tengah. (*)

Penulis : Aroelk

 Komentar

 Terbaru

Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
Hukum & Kriminal21 April 2021 03:00
Sebelum Memperkosa, Pria di Pinrang Ancam Akan Bunuh Korbannya
"Kejadiannya pada 18 Maret 2021, di Sulili Barat Paleteang," ungkapnya melalui keterangan resminya....
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Dunia Kampus21 April 2021 02:08
Pengurus KPMP Cabang Tiroang Pinrang Resmi Dilantik
Ketua Umum PP KPMP, Abdullah Pocing berharap, jika pengurus cabang Tiroang yang telah dilantik dapat mengemban amanah organisasi dengan penuh tanggung...
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
News21 April 2021 01:21
Polres Soppeng Gelar Patroli Blue Light Sasar Balapan Liar
Ada pun tujuan patroli ini, untuk menciptakan Kamseltibcar Lantas. Serta demi memberi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengguna jalan....
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Bersama Melawan Covid-1920 April 2021 22:53
Dana Kelurahan di Makassar Direfocusing ke Penanganan Covid-19
Hal tersebut disampaikan Plt Kepala BPKA Makassar, Helmi Budiman kepada awak media, Selasa (20/04/2021)....