Logo Lintasterkini

PK5 di Jalan Tanjung Bunga dan Tanjung Bira Ditertibkan, Camat Mamajang: Tetap Lakukan Secara Persuasif dan Humanis

Fakra
Fakra

Sabtu, 09 Maret 2024 20:09

Penerbitan para Pedagang Kaki Lima (PK5) disepanjang jalan Tanjung Bunga dan Tanjung Bira, Makassar, Minggu 9 Maret 2024. (Foto:ist)
Penerbitan para Pedagang Kaki Lima (PK5) disepanjang jalan Tanjung Bunga dan Tanjung Bira, Makassar, Minggu 9 Maret 2024. (Foto:ist)

MAKASSAR – Perumda Pasar Makassar bersama jajaran Satpol PP Kecamatan Mamajang dan Kelurahan Sambungjawa kembali menghimbau para Pedagang Kaki Lima (PK5) disepanjang jalan Tanjung Bunga dan Tanjung Bira, Makassar, Minggu 9 Maret 2024.

Penertiban dalam rangka pengembalian fungsi jalan sebagai fasilitas umum.

Sebagaimana diketahui, jalanan tersebut hingga kini masih ditempati oleh pedagang kaki lima memasang lapak jualan bahkan gerobak ikan keliling yang semakin bertambah banyak sehingga menyebabkan kemacetan Karena akses kendaraan tertutup oleh aktivitas pasar tumpah.

Padahal sebelumnya telah dilakukan penertiban namun masih saja bermunculan para PK5 di ruas jalan tersebut.

Direktur Teknik Perumda Pasar Karya, Syamsul Tanca dalam arahannya pagi tadi mengatakan, semua penertiban ini untuk kepentingan masyarakat sendiri.

“Jadi kita tegaskan kepada mereka bahwa sesuai dengan keputusan pemerintah maka tidak dibolehkan lagi berjualan atau memarkir kendaraan sembarang tempat disepanjang jalan Tanjung Bunga dan Tanjung Bira,” ujarnya kepada seluruh jajaran saat apel.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sejak kemarin hingga hari ini masih dilakukan sosialisasi dan pemasangan spanduk himbauan agar masyarakat setempat dan para pedagang bisa melihat dan mengetahui larangan tersebut.

“Jadi hari ini kita masih tolerir dan diberi kesempatan melalui sosialisasi serentak yang kami lakukan. Dengan pemasangan spanduk himbauan disepanjang jalan. Tapi mulai besok sudah tidak dibenarkan lagi. Dan harus benar-benar bersih.” Tegasnya.

Sementara Camat Mamajang, Andi Irdan Pandita mengatakan, kiranya dalam penertiban ini tetap melakukan secara persuasif dan humanis.

“Saya kira apa yang kita lakukan ini juga memang atas keluhan masyarakat setempat terutama para pedagang yang ada di dalam pasar. Tapi tetap kami himbau agar penertibannya dilakukan secara persuasif dan humanis,” Pungkasnya.

Hadir dalam rencana penertiban tersebut, Direktur Teknik Perumda Pasar, camat Mamajang, lurah sambungjawa, satpol PP kecamatan, babinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat kelurahan Sambungjawa dan RT,RW. (***)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa16 Juni 2024 20:38
BREAKING NEWS – Malam Takbiran, Rumah Warga di Jalan Muhajirin Terbakar
MAKASSAR  – Kebakaran menimpa rumah warga di Jalan Muhajirin 1 lorong 1, Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (16/6/2024...
News16 Juni 2024 12:08
Polres Sidrap Intensifkan Penindakan Pengendara Mobil di Jalan Raya
SIDRAP, – Setelah melakukan penertiban terhadap pengendara sepeda motor, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sidrap kini mengalihkan fokus me...
News16 Juni 2024 03:49
Astra Motor Sulsel Intens Tumbuhkan Generasi #Cari_Aman Kepada Pelajar
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, intens...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...