Logo Lintasterkini

Jokowi Bertolak ke NTT, Tinjau Kondisi Korban Bencana

Andi
Andi

Jumat, 09 April 2021 10:32

Jokowi Bertolak ke NTT, Tinjau Kondisi Korban Bencana

JAKARTA — Presiden Joko Widodo bertolak ke Nusa Tengga Timur (NTT), Jumat (9/4/2021). Rencananya Jokowi akan meninjau titik lokasi bencana yang berdampak banjir bandang dan tanah longsor.

“Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka,” tulis keterangan Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021).

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju NTT antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Kemudian, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sebelumnya, pasukan TNI sudah diterjunkan Presiden Jokowi untuk mengangkut dan mendistribusikan bantuan presiden. Pada Selasa, 6 April 2021, bantuan presiden tahap pertama sejumlah 5.000 paket sembako telah diberangkatkan, sebagian diangkut menggunakan Hercules TNI AU dan sisanya dengan Kapal Perang TNI AL menuju daerah bencana.

Tercatat 3.500 paket sembako telah tiba di Kabupaten Adonara dan Lembata. Bantuan langsung dibagikan ke warga terdampak bencana. Lalu, sebanyak 10.000 sembako bantuan presiden segera dikirim, namun menunggu kesiapan alat transportasinya.

Selain NTT, Jokowi juga mengirimkan bantuan 13.000 paket sembako ke daerah terdampak bencana di Kabupaten Bima, Provinsi NTB.

Sebagaimana diketahui, Kota Kupang dan 21 kabupaten di Provinsi NTT dilanda sejumlah bencana akibat siklon tropis Seroja sejak 2 April sampai 5 April 2021. Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat telah menetapkan status tanggap darurat terhitung mulai 6 April sampai 5 Mei 2021.

Sementara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan hingga Rabu, 7 April 2021 pukul 20.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat banjir bandang dan tanah longsor di NTT sebanyak 138 orang.

“Total korban meninggal yang telah ditemukan jasadnya mencapai 138 orang, sementara 61 orang hilang,” ujar Kepala BNPB Doni Monardo, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu.(*)

 Komentar

 Terbaru

News19 Januari 2022 21:04
Ditipu ASN Setor Dokumen Palsu Vaksinasi Lansia, Walikota Makassar Marah
Dijelaskan Danny, kelakuan sejumlah oknum ASN Makassar terungkap setelah pihaknya menemukan tak kesesuaian antara data yang diklaim ASN dan data di ap...
Hukum & Kriminal19 Januari 2022 19:21
Peredaran Narkoba Sulit Diberantas di Sulsel, Ternyata Oknum Polisinya Terlibat
Bukan hanya oknum polisi Bripka IS, petugas juga menangkap tersangka lain yakni SA (46), warga Kota Palopo. Penangkapan ini berdasarkan laporan polisi...
Bersama Melawan Covid-1919 Januari 2022 13:19
Disdik Makassar Sudah Siap Gelar Vaksin Untuk Anak Usia 6-11 Tahun
MAKASSAR – Vaksinasi untuj anak 6-11 tahun di Kota Makassar segera dimulai. Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar saat ini memerintahkan pihak seko...
Selebriti19 Januari 2022 09:18
Kabar Terbaru dari Presenter Harry Pantja, Ternyata Alami Stroke
JAKARTA – Masih ingat dengan presenter Harry Pantja. Ternyata pria yang identik dengan kepala plontos ini ternyata mengalami stroke. Hal itu ter...