Logo Lintasterkini

Pemerintah Beri Kemudahan Akses Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 09 April 2021 04:33

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, Kamis, (8/4/2021) memberi keterangan keterbukaan dan kemudahan akses vaksinasi bagi disabilitas.
Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, Kamis, (8/4/2021) memberi keterangan keterbukaan dan kemudahan akses vaksinasi bagi disabilitas.

JAKARTA — Penyandang disabilitas yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta telah menjalani vaksinasi COVID-19 di Istora Senayan. Pemberian vaksin COVID-19 terhadap penyandang disabilitas ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo terhadap kelompok disabilitas agar tidak tertinggal dari jangkauan pemerintah.

Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden, Kamis, (8/4/2021) di Jakarta mengatakan, harapannya kelompok disabilitas ini bisa merasakan program pemerintah. Pasalnya, kemungkinan masih banyak kelompok ini yang belum merasakan program pemerintah karena akses informasinya yang terbatas.

“Itulah mengapa kita buat Gerakan Indonesia Bisa. Agar kelompok rentan ini bisa mengakses informasi, fasilitas, kesehatan, dan banyak hal, salah satunya bisa mendapatkan vaksinasi,” terang Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden.

Budi Prasodjo, Kepala Sekolah SLB/G Yayasan Dwituna Rawinala, menyampaikan bahwa penyandang disabilitas perlu mendapat akses yang sama.

“Sampai saat ini Alhamdulillah akses informasi dari berbagai kementerian selalu terinformasikan kepada kami, khususnya untuk vaksinasi disabilitas, justru kami mendapatkan informasi terlebih dahulu sehingga kami juga yang menginformasikan ke beberapa SLB lainnya,” jelas Budi.

Tidak hanya informasi, kemudahan fasilitas pun diberikan untuk menjangkau lokasi vaksinasi COVID-19. Pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan juga memfasilitasi kelompok disabilitas ke Senayan secara gratis untuk menerima vaksinasi.

Selama proses vaksinasi penyandang disabilitas perlu didampingi. Namun begitu hingga sekarang vaksinasi COVID-19 bagi mereka berlangsung aman.

“Sejauh ini vaksinasi COVID-19 aman untuk penyandang disabilitas. Tapi untuk KIPI normal seperti ngantuk, lapar, itu terjadi tapi tidak ada berlebihan,” terang Angkie. (*)

 Komentar

 Terbaru

News22 Mei 2024 21:33
Pj Bupati Pinrang Ikuti Rakornas Pengawasan Intern 2024 via VC
PINRANG — Penjabat (Pj) Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil,SE,MM berkesempatan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern tahun ...
News22 Mei 2024 19:35
Satlantas Polres Sidrap Beri Edukasi Lalulintas ke Anak TK Negeri Pertiwi
SIDRAP – Kasat Lantas AKP Nawir, SE diwakili oleh Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Sidrap AIPTU Suryadi menerima kunjungan Anak TK Negeri Pertiwi ...
Ekonomi & Bisnis22 Mei 2024 17:43
GMTD, Melalui Lippoland Resmi Memperkenalkan XYZ di Makassar
MAKASSAR – Pengembang ternama PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk (GMTD) melalui LippoLand resmi memperkenalkan modern artistic homes, yait...
Hukum & Kriminal22 Mei 2024 15:52
Warga Enrekang Jadi Korban Hipnotis, Kasat Reskrim Langsung Atensi
ENREKANG – Aksi kriminal hipnotis menimpa seorang wanita paruh baya berinisial SU (64) warga Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Sindikat pela...