Logo Lintasterkini

Rahasia Terapkan Gaya Makan Sehat di Tengah Jadwal Sibuk

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 09 September 2023 08:50

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Kehidupan modern sering kali membawa kita pada jadwal yang sibuk dan padat. Di tengah-tengah kesibukan tersebut, sering kali sulit untuk menjaga pola makan yang sehat.

Namun, menjaga gaya makan yang baik adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang seimbang dan penuh energi. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa tips dan trik untuk tetap menerapkan gaya makan sehat bahkan di tengah jadwal yang sibuk.

1. Rencanakan Menu dan Persiapan Makanan
Salah satu langkah penting untuk memastikan Anda tetap makan sehat adalah merencanakan menu dan mempersiapkan makanan. Luangkan waktu di akhir pekan untuk merencanakan menu selama seminggu ke depan. Ini akan membantu Anda membuat daftar belanjaan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda dan menghindari pembelian impuls di toko.

Setelah membeli bahan makanan, alokasikan waktu untuk memasak dan menyimpan makanan dalam porsi. Anda dapat membagi besar-besaran makanan yang Anda masak menjadi wadah-wadah kecil sehingga mudah diambil dan dinikmati sepanjang minggu. Ini akan membantu Anda menghindari mengandalkan makanan cepat saji atau makanan olahan yang kurang sehat saat Anda terlalu sibuk.

2. Sediakan Camilan Sehat
Ketika jadwal sibuk, sering kali kita merasa lapar di antara waktu makan utama. Alih-alih mencari camilan berkalori tinggi dan tidak sehat, persiapkan camilan sehat yang mudah diakses. Beberapa contoh camilan sehat termasuk potongan buah-buahan, yoghurt rendah lemak, almon, wortel baby, atau selai kacang dan gandum utuh.

3. Minum Air Secukupnya
Terkadang, kita mungkin salah mengartikan rasa lapar sebagai rasa haus. Pastikan Anda minum air secukupnya sepanjang hari. Air membantu mengatur nafsu makan dan memastikan tubuh Anda tetap terhidrasi. Selain itu, minum air sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan mengurangi asupan kalori.

4. Hindari Makanan Cepat Saji dan Olahan
Meskipun mudah diakses, makanan cepat saji dan olahan sering kali kurang sehat dan mengandung banyak lemak trans, gula, dan garam. Cobalah untuk menghindari makanan ini sebisa mungkin. Jika Anda membutuhkan makanan siap saji, cari pilihan yang lebih sehat seperti salad sayuran atau roti gandum utuh.

5. Jangan Lewatkan Sarapan
Sarapan adalah waktu yang penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Makan sarapan dapat membantu Anda merasa lebih berenergi sepanjang hari dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Cobalah untuk menyajikan sarapan yang kaya akan serat, protein, dan vitamin, seperti oatmeal dengan buah-buahan segar atau telur rebus dengan sayuran.

6. Pertimbangkan Ukuran Porsi
Ketika Anda terburu-buru, mudah sekali untuk mengabaikan ukuran porsi yang sehat. Cobalah untuk lebih sadar tentang berapa banyak yang Anda makan. Jika mungkin, hindari makan di depan layar (seperti TV atau komputer) karena hal ini dapat membuat Anda kurang memperhatikan jumlah makanan yang Anda konsumsi.

7. Prioritaskan Nutrisi
Ketika Anda memiliki waktu terbatas untuk makan, pastikan makanan yang Anda pilih kaya akan nutrisi. Usahakan untuk mencakup berbagai macam makanan seperti sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh dalam makanan Anda. Ini akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

8. Tetap Fleksibel
Terakhir, ingatlah bahwa hidup sibuk kadang-kadang mengharuskan kita untuk menjadi fleksibel. Terkadang, Anda mungkin harus makan di luar atau menghadapi situasi di mana makanan sehat tidak tersedia. Jangan terlalu keras pada diri sendiri. Yang terpenting adalah kembali ke gaya makan sehat setelah situasi sibuk berlalu.

Dengan sedikit perencanaan dan kesadaran, Anda dapat tetap makan sehat bahkan di tengah jadwal yang sibuk. Ingatlah bahwa makanan adalah bahan bakar untuk tubuh Anda, dan menjaga pola makan yang seimbang akan membantu Anda menjalani kehidupan yang lebih sehat dan penuh energi.

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...