Logo Lintasterkini

Harga Sapi Majene Naik Jelang Idul Adha

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 09 Oktober 2012 08:47

Daging sapi
Daging sapi

Daging sapi

MAJENE - Harga sapi dan kambing di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat naik hingga Rp1,5 juta per ekor menjelang Idul Adha yang dipengaruhi meningkatnya kebutuhan warga maupun instansi pemerintah yang akan berkurban.

Suryadi, peternak sekaligus pedagang sapi di Majene, Senin, mengungkapkan, kenaikan harga sapi per ekor targantung dari bobot dan usianya. Ukuran sedang kenaikannya Rp1 juta dan ukuran besar bisa mencapai Rp1,5 juta per ekor.

“Sebelum terjadi kenaikan, biasanya kami menjual sapi ukuran sedang seharga Rp6 juta hingga Rp7 juta, mendekati lebaran ini kami jual seharga Rp7 juta hingga Rp8,5 juta,” sebutnya.

Dia mengaku, kenaikan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan standar penjualan yang ditetapkan oleh beberapa pemilik sapi di daerah itu, apalagi saat ini terjadi musim kemarau sehingga peternak kesulitan mendapatkan pakan ternak.

Senada dengan Suryadi, Ramli, peternak kambing, mengaku harga kambing juga mengalami kenaikan, bahkan bisa mencapai Rp1 juta per ekor, tergantung ukuran dan usia kambing yang diminati oleh pembeli.

“Rata-rata kambing yang kami jual berukuran besar, harganya per ekor sebelum terjadi kenaikan sebesar Rp1,2 juta dan bisa mencapai Rp2,2 juta beberapa hari terakhir akibat banyak kebutuhan,” sebutnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Majene, Achmad Reski membenarkan terjadinya kenaikan tersebut. Dia mengaku, setiap tahun menjelang Idul Adha pasti terjadi kenaikan harga khusus untuk dua jenis ternak tersebut.

“Kenaikan harga sapi dan kambing pasti naik setiap tahun jelang Idul Adha namun kenaikannya setiap tahun berpariasi. Tahun ini kenaikan sapi per ekor bisa mencapai Rp1,5 juta per ekor, begitu juga dengan harga kambing yang bisa mencapai Rp1,5 juta per ekor,” terangnya.

Dia menyebutkan, usia sapi yang biasanya untuk kebutuhan kurban antara tiga hingga empat tahun dan untuk kambing antara satu hingga empat tahun, tergantung dari berat rata-rata yang dibutuhkan. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 22:57
HUT ke-54 Astra Motor Manjakan Konsumen dengan Promo Menarik
JAKARTA – Astra Motor selaku Main Dealer motor Honda berikan berbagai promosi menarik bagi konsumen setia pada perayaan hari ulang tahun (HUT) k...
Hukum & Kriminal15 Juni 2024 22:53
Kelanjutan Kasus Dugaan Pencabulan Caleg Terpilih Di Pinrang Menunggu Hasil Gelar Perkara
PINRANG — kasus dugaan pencabulan yang menyeret KA, seorang Caleg Terpilih di Kabupaten Pinrang masih terus berlanjut dan didalami penyidik Unit...
News15 Juni 2024 20:04
Lebaran Iduladha, Dishub Makassar Siapkan Rekayasa Lalu Lintas dan Ratusan Personel
MAKASSAR – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar proaktif dalam persiapan personel dan rekayasa lalu lintas dalam menghadapi perayaan Lebaran...